5 Suami Terbaik Versi Alkitab
Sumber: www.ninosit.blogfa.com

Marriage / 3 November 2015

Kalangan Sendiri

5 Suami Terbaik Versi Alkitab

Theresia Karo Karo Official Writer
17301

Bila sebelumnya kita telah melihat artikel tentang lima suami terburuk versi Alkitab, tidak ada salahnya bila kita juga mengetahui lima tokoh Alkitab yang dianggap sebagai suami terbaik. Berikut lima tokoh Alkitab yang menunjukkan cinta dan kesetiaan kepada istrinya: 

1. Musa

Tertulis dalam Bilangan 12:1, bahwa Miryam dan Harun mengatai Musa dan ‘berbicara melawannya’. Hal ini dikarenakan dia telah menikah dengan seorang wanita Kush yang berkulit hitam (Kush ada di Etiopia modern). Secara tidak langsung, ini adalah prasangka rasial atau bahkan dianggap sebagai budak dan lebih rendah dari kalangan Israel. Meskipun begitu, Musa tidak peduli dengan pendapat orang lain dan memperlakukan istrinya dengan hormat, bukan sekedar sebagai nyonya atau selir. 

 

2. Boaz

Dia adalah seorang kerabat jauh Naomi, yang meninggalkan rumahnya di Berthlehem bersama suami dan anak-anaknya untuk tinggal di Moab (Ruth 1:1-22). Kedua putranya menikah dengan wanita Moab, tapi suami dan dua anaknya meninggal. Seorang menantunya yang bernama Rut, kembali dengannya ke Betlehem. Dan mereka hidup dalam kemiskinan dan Ruth adalah orang asing, walau begitu Boaz tetap menikahinya. Ini adalah tugasnya, namun juga kisah cinta yang menarik. Kisah ini menjadi salah satu hal baik yang diceritakan dalam kitab Rut.

 

3. Elkana

Dia menikah dengan seorang wanita bernama Hana, yang tidak memiliki keturunan. Pada masa itu, hal ini sangat memalukan bagi seorang wanita. Elkana bisa saja menceraikannya, namun dia tidak melakukannya karena dalamnya cinta pada istrinya. 

Ketika Hana menangis, Elkana mengatakan “Hana, mengapa engkau menangis dan mengapa engkau tidak mau makan? Mengapa hatimu sedih? Bukankah aku lebih berharga bagimu dari pada sepuluh anak laki-laki?” (1 Samuel 1:8). Ini mungkin agak canggung, tapi dia mencoba yang terbaik. Hingga akhirnya dia melahirkan Samuel, seorang hakim terakhir dan terbesar di Israel.

 

4. Palti

Adalah suami kedua Mikhal, anak perempuan Saul, yang diberikan Saul kepadanya ketika dia untuk membantu Daud melarikan diri. Ketika Daud unggul dari anak Saul Isyboset, dia menuntut Mikhal kembali padanya. Palti, “pergi dengan dia an menangis di belakangnya sepanjang jalan (2 Samuel 3:16). 

Palti merupakan sosok suami yang berani menunjukkan kesetiaannya: sebab pada masa itu tidak ada yang berani melintas di depan raja. (Kisah ini sekaligus memperlihatkan bagaimana suramnya perlakuan terhadap wanita; tampaknya tidak ada seorang pun yang meminta pendapat Mikhal mengenai keinginannya).

 

5. Hosea 

Merupakan seorang nabi yang dipakai Tuhan untuk pernikahan yang tidak bahagia sebagai metafora atas hubungan Allah dan Israel. Hosea menikahi seorang wanita bernama Gomer, yang tidak setia kepadanya dan tampaknya memiliki anak dengan laki-laki lain (Hosea 1:2). Dan Hosea, bagaimanapun juga tetap setia dan menjaga istrinya (Hosea 3:1).

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.

Sumber : Christiantoday/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami