Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Theresia Karo Karo

Official Writer
3515


Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua proses yang dialami remaja secara berkesinambungan. Tidak hanya menyangkut perubahan fisik, namun termasuk perubahan psikologis. Dalam proses mencari jati diri, remaja biasanya mulai terlibat dalam pertemanan sebaya yang terjalin sangat kuat. 

Bila orang tua tidak mengontrol pergaulan anak, bukan tidak mungkin mereka akan terbawa arus yang melawan nilai-nilai dalam masyarakat. Salah satu ancaman yang paling berbahaya adalah pergaulan bebas. 

Memang orang tua tidak bisa mengawasi anaknya selama 24 jam penuh. Meskipun begitu bukan berarti tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk melindungi masa remaja mereka. Salah satu solusinya berhubungan dengan teknik orang tua dalam mendidik dan membesarkan anak. 

Mengarahkan anak pada pergaulan yang sehat

Orang tua bisa melakukan ini dengan mengajarkan mereka tentang cinta dan menghormati semua orang. Tetapi jangan lupa juga untuk memberi tahu bagaimana mereka harus bisa selektif dalam memilih lingkungan untuk bergaul. Sebab dari situ mereka bisa menemukan kekuatan karakter yang terbentuk dari teman-teman dekatnya. 

Perhatikan nada bicara Anda

Karena dari sini akan tercipta karakter sebuah keluarga. Lebih baik lagi bila Anda bisa menghilangkan sarkasme dan drama dalam mendidik anak. Karena dengan cara ini orang tua bisa melindungi anak-anak. Oleh sebab itu, jadilah pemberi saran yang baik, daripada hanya sibuk mengkritisi. 

Kenalkan anak pada sejarah keluarga

Hal ini penting untuk membentuk kestabilan emosi anak-anak dan mengetahui batasan. Karena dengan mengenalkan anak pada sejarah keluarga mereka akan memiliki rasa, identitas, dan optimisme menuju masa depan. 

Ajar anak berdoa dan ibadah

Membantu anak membentuk dasar-dasar iman semakin melatih ketahanan mereka dalam menjalani hidup. Sehingga tidak mudah terjerumus dalam godaan pergaulan bebas. 

Berdoa atau ibadah bersama

Memberikan anak-anak dasar iman akan membentuk ketahanan yang kuat untuk menjalani hidup. Sehingga mereka tak mudah goyah jika digoda pergaulan menyimpang.

Cinta dengan sesama

Cinta merupakan tugas yang paling penting dan hak istimewa yang bisa diajarkan orang tua pada anak-anak. Dari Anda, anak-anak bisa belajar tentang hal ini. Jadi jangan sia-siakan kesempatan ini.

Merawat anak usia remaja memang bukan perkara mudah. Karena munculnya sifat pembangkang yang dipicu dari adrenalin dan rasa ingin tahu yang tinggi. Meskipun begitu, jangan lupa bahwa orang tua berperan penting dalam melindungi anak-anaknya.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.

Sumber : Okezone/Jawaban.com by tk


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

chelynn amarissa 16 January 2020 - 20:14:52

Terjemahkan dalam bahasa indonesia

0 Answer

Desty Christian 16 January 2020 - 16:18:35

bebas hutang

0 Answer

Arif rahman 12 January 2020 - 21:49:25

jelaskan apa yg dimaksud sel sebagai struktur tere.. more..

0 Answer


King Wardi 16 January 2020 - 20:07:08
Saya mohon didoakan, agar saya mendapatkan pekerja... more..

Dianawaty 16 January 2020 - 15:05:05
apa yg harus ak lakukan hununganku dengan kakak yg... more..

sea_regardz 16 January 2020 - 10:12:26
Shalom bapak/ibu terkasih. Mohon sekali doa-doany... more..

Varris Sitio 7 January 2020 - 10:34:31
Syaloom, mungkin ini kedengaran seperti biasa namu... more..

Banner Mitra januari 3


7264

advertise with us