Pertamina Turunkan Harga Elpiji 12 Kilogram
Sumber: KOMPAS/HERU SRI KUMORO

Nasional / 16 September 2015

Kalangan Sendiri

Pertamina Turunkan Harga Elpiji 12 Kilogram

Theresia Karo Karo Official Writer
3782

Mulai hari ini (16/9), PT. Pertamina (Persero) menerapkan harga baru untuk elpiji 12 kilogram. Bila sebelumnya dipatok dengan harga rata-rata nasional Rp 142.000, hari ini telah turun menjadi Rp 135.300 per tabungnya, atau selisih Rp 6.700.

Dilansir dari Antaranews.com (15/9), Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang menyampaikan bahwa perubahan harga ini didasarkan pada data historis harga elpiji yang sesuai dengan acuan “contract price” (CP) Aramco dan kurs dolar AS terhadap rupiah. “Ditambah, estimasi pergerakan kedua indikator tersebut,” tuturrnya.

Meskipun begitu, menurut Ahmad terdapat ditemukannya penurunan harga yang bervariasi. Sebab terdapat variasi harga di tingkat agen, yakni Rp 132.800 per tabung hingga Rp 157.400 per tabung. Hal ini terkait jarak stasiun pengisian dan pengangkutan bulk elpiji (SPPBE) terhadap titik suplainya.

“Untuk wilayah Jabodetabek, harga elpiji 12 kg turun Rp 6.400 per tabung. Lalu, harga di agen turun dari Rp 141.000 per tabung menjadi Rp 134.600 per tabung,” papar Ahmad. Sementara itu di Jawa Timur, harga elpiji 12 kg turun Rp 6.400 per tabungnya. 

Ahmad juga menyampaikan bahwa penyesuaian harga juga berlaku untuk produk non-subsidi elpiji lainnya. “Penyesuaian harga juga dilakukan untuk merek-merek elpiji non-subsidi lainnya dengan besaran tidak jauh berbeda per kilogramnya,” jelasnya.

Saat ini, Pertamina menjamin bahwa stok elpiji nasional tetap dalam kondisi aman. Yakni di atas 17 hari, dengan rata-rata konsumsi sebesar 17.678 metrik ton per hari untuk semua jenis dan merek elpiji. 

Sebagai informasi, harga elpiji dalam negeri ditentukan oleh harga bahan bakar di pasar internasional dengan berpatokan pada CP Aramco dan posisi rupiah terhadap dolar, mengingat sebagian sumber masih mengandalkan impor. 

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Let share! Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.


Sumber : Antaranews/Kompas.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami