Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
4237


Sadar atau tidak, kita sepertinya tak lagi butuh kotak sms dalam ponsel karena sudah digantikan dengan applikasi pesan instan seperti Whatsapp, Line, Kakao dan BBM. Kegunaannya pun beragam, selain berkirim pesan secara personal aplikasi pesan instan juga bisa digunakan secara berkelompok atau group. Tak heran bila saat ini tren group teks sedang lagi naik daun. Persis seperti Facebook dengan laman group-nya, dalam pesan instan pun kita bisa berbagai banyak hal bersama sekitar 100 orang terdekat atau orang-orang yang terlibat dalam kelompok tertentu.

Setiap orang merasa dekat satu sama lain kendati hanya sekedar chit chat (ngobrol, red) lewat pesan instan. Beragam topik bisa dibahas bersama, bisa candaan, gambar meme yang lucu hingga diskusi soal topik-topik paling berat. Namun bukan berarti pula komunikasi akan berjalan lancar, kadang kala masalah timbul ketika salah satu anggota group sembarang menggunakan kebebasan dengan sembarangan.

Untuk menghindari kesalahan-kesalahan mengirim teks atau postingan maupun menghindari gangguan, sangat penting menerapkan 8 hal ini.

1. Jangan nge-teks sepanjang hari

Teks yang terlalu banyak akan membuat anggota lain malas dan meninggalkan kesan yang tidak baik akan seseorang. Bisa saja Anda adalah seseorang yang sangat gemar berkomunikasi sampai-sampai Anda tak berhenti tanpa mengomentari berbagai postingan yang muncul di group hingga larut malam. Obrolan-obrolan Anda pastinya akan sangat menganggu orang lain ketika mereka terbangun di pagi hari dan melihat pemberitahuan yang begitu banyak di ponselnya.

2. Jangan posting pesan teks yang tidak relevan

Banyak dari anggota group yang suka memposting teks yang tidak relevan dengan kebutuhan group. Hal ini tentu akan membuat anggota lain mengernyitkan dahi dan menilai Anda sembarangan. Jika Anda masukd alam group pesan instan yang terdiri dari beragam keyakinan, hindarilah mengirimkan pesan berupa ayat-ayat kitab suci atau yang berkaitan dengan SARA. Mungkin bagi mereka yang berkeyakinan sama dengan Anda tak akan merasa terganggu, namun tetap akan ajdi masalah kepada orang yang berlainan keyakinan.

3. Pasang ‘silent mode’

Berada di sekitar orang-orang yang sedang sibuk dan fokus akan menjadi neraka bagi Anda ketika setiap detik notifikasi pesan dari kelompok selalu terdengar. Tentu saja begitu berisik bukan? Silahkan, pasang mode diam untuk pesan instan di ponsel Anda.

4. Meresponi pesan dengan emosi    

Jangan salah karena di group pesan instan pertengkaran mungkin saja terjadi. Biasanya persoalan akan dimulai dari postingan yang mengandung sindiran atau tak berkenan dengan yang lain, sampai pada akhirnya sebagian anggota meresponi dengan serius hingga pertengkaran komentar pun meledak hebat. Agar terhindar dari hal itu, jangan sekali-kali membagi postingan yang Anda rasa akan menyinggung perasaan anggota group.

5. Jangan memposting pesan yang banyak sekaligus

Akan sangat menyebalkan ketika dalam satu menit seseorang yang sama mengirimkan beberapa teks yang tak hanya kurang penting, tetapi juga begitu panjang. Nah, dengan itu sangat dianjurkan untuk memperhatikan kenyamanan orang-orang yang ada di group.  

6. Tetap berpartisipasi

Anda adalah salah satu anggota group, namun Anda seolah tak pernah kelihatan. Apa gunanya berada di kelompok jika Anda tetap saja memilih menarik diri dan tidak berpartisipasi? Sekalipun Anda tidak suka basa basi, namun penting sekali jika sekali-kali berkomentar atau sekedar menyisipkan emoticon sebagai pertanda bahwa Anda masih tetap peduli.

7. ‘Mute’ percakapan

Group pesan instan adalah salah salah satu group yang begitu sibuk dan aktif sehingga Anda merasa begitu terganggu. Anda bisa menghindari gangguan tersebut dengan membuat mode diam untuk percakapan group. Jika Anda menggunakan Whatsapp, Anda hanya perlu meng-klik group, lalu klik kanan dan pilih ‘senyapkan’. Dalam sekejap gangguan akhirnya sudah dibereskan.

8. Jangan bagi privasi Anda  

Tak ada yang meminta Anda pamer soal keromantisan Anda dengan pasangan. Jadi jangan sampai mengirimkan gambar-gambar yang berkenaan dengan privasi yang seharusnya Anda jaga dengan baik.


Anda diberkati dengan artikel ini, yuk share artikel ini di Facebook-mu dan ajak teman-temanmu untuk re-share link artikelnya. Semakin banyak yang re-share, semakin keren hadiahnya. Keterangan lebih lanjut, KLIK DI SINI

Sumber : Huffingtonpost.com/jawaban.com/ls

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Natalia 17 August 2019 - 20:06:35

Marty

0 Answer

Ahi Soga 16 August 2019 - 05:13:20

Gerakan yang dominan di lakukan dalam sepak bola a.. more..

0 Answer

Nelly Susylianti 15 August 2019 - 15:28:11

bagaimana cara supaya kita bisa bayar harga atas d.. more..

1 Answer


Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Mitra Agustus Week 3


7272

Banner Mitra Agustus Week 3