5 Anggota Gereja Nigeria Tewas Dalam Serangan Bom Bunuh Diri

5 Anggota Gereja Nigeria Tewas Dalam Serangan Bom Bunuh Diri

Puji Astuti Official Writer
2106

Seorang pelaku bom bunuh diri meledakkan tubuhnya di sebuah gereja di Kota Potiskum, Nigeria, pada Minggu 5 Juli 2015. Seorang pendeta dan 4 jemaat diberitakan tewas pada kejadian tersebut.

"Seorang wanita dan 2 anaknya berada di antara korban serangan di gereja bernama Christian Church of God," demikian pernyataan yang dikutip oleh CNN, Senin (6/7/2015).

Walau belum ada yang mennyatakan bertanggung jawab atas serangan bom bunuh diri tersebut, namun berdasarkan metode, sasaran dan lokasi serangan yang sama seperti insiden serupa sebelumnya, diduga kuat kejadian ini didalangi oleh kelompok teroris Boko Haram.

Sepanjang pertengahan tahun 2015 ini saja,  kelompok Boko Haram telah menjadikan Potiskum setidaknya 4 kali target serangan teror. Pada bulan Januari, 3 orang tewas dan 43 terluka ketika 2 pengebom bunuh diri meledakkan diri diantara para wanita di sentra jual-beli ponsel;  minggu berikutnya, serangan bunuh diri lain menewaskan 4 orang dan melukai 48 di sebuah stasiun bus di Potiskum.

Serangan bunuh diri lain di sebuah stasiun bus pada bulan Februari menewaskan 17 orang dan melukai 27 lainnya; dan pada bulan Mei, seorang pria bersenjata yang mengenakan rompi bunuh diri menyerang College of Administrative and Business Studies di negara itu.

Selain menyasar sekolah-sekolah, polisi, serta gedung-gedung pemerintah, dan juga Masjid Boko Haram dikenal kerap menargetkan gereja. Sebelumnya, kelompok tersebut menyerang gereja pada Juni 2013, yang menewaskan lebih dari 50 orang. Sedangkan pada November 2011, terjadi serangan terhadap 11 gereja.


Sumber : Liputan6.com | CNN.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami