Kenali 2 Faktor Penyebab Perusahaan Bangkrut

Entrepreneurship / 17 June 2015

Kenali 2 Faktor Penyebab Perusahaan Bangkrut

Theresia Karo Karo Official Writer
12387
Para pelaku usaha sebisa mungkin melakukan yang terbaik untuk keberhasilan usahanya. Untuk itu, mereka akan berusaha menghindari kerugian atau bangkrut. Karena bila hal ini sampai terjadi, maka akan berakibat fatal bagi keberlangsungan usaha dan kestabilan keuangan mereka.

Bangkrut dalam berbisnis bisa terjadi oleh banyak faktor. Berikut dua diantaranya,

A. Faktor Internal
  • Manajemen yang tidak efisien. Contohnya, pemborosan biaya produksi dan promosi atau keterampilan dan keahlian manajemen yang minim.
  • Keuangan yang tidak tertata. Ketidakseimbangan antara modal, hutang, dan piutang dapat memperburuk situasi bisnis yang dijalankan. 
  • Berlaku curang. Kecurangan ini termasuk korup hingga memberikan informasi yang salah terhadap pemegang saham atau investor.

B. Faktor Eksternal
  • Tidak mengikuti perubahan pasar. Bisa menyebabkan banyak pelanggan beralih ke tempat lain. Hal inilah menyebabkan pendapatan semakin menurun, keuntungan menipis, bahkan hingga bisnis 'gulung tikar'.
  • Bahan baku langka. Sehingga mengganggu proses produksi. Hal ini mungkin terjadi karena supplier tidak lagi memasok bahan baku atau karena tidak menemukan bahan baku pengganti. 
  • Kecurangan debitor. Untuk mengatasinya, para pengusaha harus cermat mengatur besaran dan jangka waktu piutang kepada debitor.
  • Mengabaikan kondisi perekonomian global. Sebagai contoh, perkembangan pesat ekonomi Tiongkok mengakibatkan kelangkaan bahan baku karena semua bahan baku dipusatkan kepada Tiongkok. Bila tidak segera diantipasi, hal ini tentu akan mengganggu kelangsungan produksi karena minimnya bahan baku.


Sumber : Laruno/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami