Andranik Teymourian, Kapten Kristen Pertama di Timnas Iran

Nasional / 11 June 2015

Kalangan Sendiri

Andranik Teymourian, Kapten Kristen Pertama di Timnas Iran

daniel.tanamal Official Writer
11519


Untuk pertama kalinya dalam sejarah sepakbola di Iran, seorang pemain berkeyakinan Kristen akan menjadi kapten tim nasional di negara yang mayoritas menganut paham Islam Syiah itu. Pemain berdarah Iran-Armenia itu adalah Andranik "Ando" Teymourian yang bermain bagi klub Tractor Sazi di Liga Utama Iran.

Pemain berusia 32 tahun itu diharapkan membawa prestasi bagi timnas berjuluk Team Melli yang kini menjadi timnas nomor satu di benua Asia dan kini berada di peringkat 41 dunia berdasarkan ranking yang dibuat FIFA. “Saya bersukacita terhadap fakta bahwa saya seorang Kristen yang bermain di Tim Nasional yang didominasi oleh Muslim. Saya memiliki darah Armenia, namun saya akan tetap bangga berpaspor dan berbendera Iran,” ungkap pemain yang selalu membuat tanda salib ketika masuk di lapangan sepakbola.

Pemain yang dijuluki “Samurai” karena gaya rambutnya itu adalah pemain Kristen pertama bagi Iran sejak Piala Dunia 1978. Terhadap kebijakan di Iran yang tidak memperbolehkan kaum wanita untuk menonton sepakbola secara langsung di Stadion, Teymourian berharap hal itu akan segera berakhir dan pemerintah mengganti kebijakan itu.

“Bagi saya jika para wanita menonton sepakbola, tentunya itu menambah keindahan dari olehraga di negeri ini. Karena sepakbola itu indah. Saya berharap mereka dapat berkumpul dan mendukung kami bermain,” tambahnya.

Salah satu sikap toleransinya kepada negaranya adalah ketika Ando ikut mencium kita suci agama Islam Al-Quran dalam sebuah prosesi doa menjelang Piala Dunia 2014. Ando mengatakan dia melakukan hal itu agar tidak menganggu khidmatnya prosesi tersebut. Sang ulama yang memegangi Al-Quran pun tersenyum dan tertawa melihat Ando mencium dan mengangkat kitab itu sebagai bagian penghormatan.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini berpengalaman merumput di Liga Premier Inggris diantaranya adalah Bolton Wanderers, Fulham dan Barnsley. Selain itu Ando juga pernah merumput di Qatar bersama klub Al-Kharitiyath. Bersama Timnas Iran, Ando telah bermain sebanyak 90 kali dengan menciptakan 8 gol. Dirinya masuk dalam skuad Iran di Piala Dunia 2006, dan dianggap sebagai pahlawan karena kontribusi dan semangat yang ditampilkan dinilai begitu luar biasa. 




Sumber : Berbagai Sumber | Daniel Tanamal
Halaman :
1

Ikuti Kami