4 Dampak Pernikahan Bahagia Bagi Kesehatan

Marriage / 22 May 2015

Kalangan Sendiri

4 Dampak Pernikahan Bahagia Bagi Kesehatan

Theresia Karo Karo Official Writer
5843
Bersama dengan seseorang yang siap berkomitmen, saling berbagi, dan mendukung merupakan harapan setiap orang untuk teman hidupnya. Pada pasangan menikah, perasaan dicintai dan mencintai juga dapat membuat kehidupan menjadi bahagia. Hal ini ternyata juga berpengaruh positif pada kesehatan keduanya. Berikut beberapa dampak pernikahan yang bahagia bagi kesehatan:

Mencegah pengaruh negatif dari stres
Dalam sebuah pernikahan yang harmonis, kita selalu menemukan dukungan dan tempat untuk mencurahkan perasaan. Sehingga saat berhadapan dengan masalah, kita tidak merasa sendiri karena ada pasangan yang setia mendukung. Sehingga dampaknya terlihat pada kesehatan mental yang meningkat dan mencegah pengaruh negatif dari stres terhadap diri sendiri, seperti masalah jantung.

Profesor psikologi dari Universitas Brigham Young, Julianne Holt-Lunstad mengungkapkan bahwa, “Hubungan pernikahan yang bahagia bisa membantu mengatasi stres. Pasangan bisa memberikan dukungan baik secara emosional maupun saran, sehingga mencegah pengaruh negatif dari stres.”

Tekanan darah normal
Pada penelitian di tahun 2008 terdapat penelitian yang mengungkapkan hubungan antara pernikahan dan tekanan darah. Holt-Lunstad menyebutkan bahwa kehidupan pernikahan yang bahagia cenderung memiliki tekanan darah lebih rendah. Hal yang bertolak belakang ditemukan pada pasangan menikah yang tidak bahagia. Dimana keduanya memiliki tekanan darah lebih tinggi bila dibandingkan saat sebelum menikah. Hal ini mungkin terjadi karena adanya masalah dalam pernikahan.
 
Mencegah Penuaan Dini
Hal ini karena keduanya tidak sungkan untuk tertawa bersama sehingga membuat pasangan menikah tampak lebih muda. Perasaan senang yang timbul karena pernikahan yang harmonis, dapat membuat tubuh dan pikiran selalu muda dan sehat.

Hidup lebih lama
Studi dari Department of Health and Human Services menemukan bahwa kehidupan pernikahan yang bahagia memberikan anda motivasi untuk hidup lebih lama. Selain itu, bila dibandingkan dengan mereka yang belum menikah, pasangan menikah yang harmonis biasanya lebih jarang sakit. Karena keduanya berusaha untuk bersama lebih lama dengan fokus menjaga kesehatan dan kebugaran fisiknya.

Sumber : Liputan6/Merdeka.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami