7 Tips Kembali Bugar Pasca Sembuh Dari Sakit

7 Tips Kembali Bugar Pasca Sembuh Dari Sakit

Lori Official Writer
4351
Sistem imun dalam tubuh menjadi satu-satunya pintu pertahanan untuk menangkal serangan penyakit masuk ke dalam tubuh. Jika sistem imun lemah, maka kuman dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh akan menembus sistem kekebalan tubuh dan menyerang organ tertentu dalam tubuh.

Bagi Anda yang baru saja terserang penyakit dan baru saja pulih dari perawatan tentunya merasa seluruh organ tubuh masih lemah. Energi Anda rasanya belum pulih secara total. Itu pertanda sistem kekebalan tubuh Anda masih belum maksimal, sehingga perlu mendapatkan perbaikan.

Seperti dihimpun dari beberapa media, berikut 7 tips yang bisa dilakukan untuk memulihkan kembali kebugaran tubuh.

1. Pilih makanan yang mudah dicerna dan sehat

Beberapa makanan seperti sup ayam, bubur, telur, susu dan biskuit gandum berserat dapat meningkatkan energi sekaligus baik bagi pencernaan. Selain sehat makanan ini pun mudah dicerna di dalam lambung. Sementara itu hindari sejenak makanan instan, pedas dan mengandung banyak lemak.

2. Tambahkan asupan magnesium

Magnesium sangat berperan besar dalam kerja sistem imun tubuh karena diperkirakan tubuh mengandung sekitar 300 fungsi metabolisme tubuh. Sumber nutrisi yang satu ini bisa didapatkan dari sayur-sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Saat kebutuhan magnesium dalam tubuh cukup, maka tubuh juga akan sangat mudah menyerap vitamin C dan D dalam tubuh.

3. Penuhi asupan cairan dalam tubuh

Air mineral adalah sumber asupan cairan yang sangat penting dalam tubuh. Sekitar 90 persen tubuh terdiri dari air, sehingga kekurangan air akan berdampak pada gangguan sistem metabolisme tubuh. Air berfungsi untuk membersihkan tubuh dari zat-zat dan racun yang ada dalam tubuh. Air juga bsia membuat cairan limfa bisa mengalir dengan baik, sehingga membuat tubuh mampu melawan sisa-sisa penyakit dengan mengalirkan sel-sel darah putih ke seluruh tubuh.

4. Istirahat Cukup

Cobalah untuk beristirahat sebanyak mungkin untuk memberi tubuh Anda masa pemulihan kembali. Tubuh akan mendapatkan kembali energinya ketika Anda bisa mengambil waktu untuk beristirahat. Sangat dianjurkan untuk mengurangi aktifitas yang terlalu menguras tenaga dan pikiran.

5. Menjaga kesehatan hati

Hati adalah organ vital yang sangat penting dalam proses detoksifikasi atau penawar racun yang masuk dalam tubuh. Makanan yang masuk ke dalam tubuh biasanya akan membawa racun, jadi apabila hati mengalami gangguan maka racun akan sangat mudah menyerang organ tubuh. Selain itu, Anda dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi alkohol, pemanis buatan dan obat penghilang rasa sakit seperti Acetaminophen Tylenol.

6. Olahraga Ringan

Setelah merasa sudah mulai pulih, Anda bisa melatih kembali tubuh dengan gerakan-gerakan ringan. Misalnya, jalan kaki atau aerobik di pagi hari. Anda tak perlu memaksakan diri untuk melakukan olahraga berat seperti berenang atau lari.

7. Konsumsi Suplemen

Sistem imun yang masih lemah tentu membutuhkan asupan vitamin yang cukup untuk memulihkan kondisinya. Nah, akan sangat baik jika Anda mengkonsumsi sumber vitamin yang masih sangat alami seperti buah-buahan dan jus sayur. Namun Tak ada salahnya bila Anda mengkonsumsi suplemen penambah zat besi dan vitamin C, asal tetap sesuai dengan takaran yang dianjurkan dokter.

Sumber : Vemale.com/Detik.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami