Kecanduan Gadget Percepat Penuaan Dini?

Kecanduan Gadget Percepat Penuaan Dini?

Theresia Karo Karo Official Writer
3114
Bukan rahasia lagi bila ketergantungan penggunaan gadget menyebabkan dampak buruk pada kesehatan. Sebuah survei mengungkapkan bahwa kebanyakan orang terutama wanita menghabiskan waktu lebih dari dua jam per hari-nya menunduk dan melihat layar ponsel. Seperti yang anda ketahui, beberapa dampak buruk bagi kesehatan antara lain sakit kepala, leher, punggung, dan lainnya.

Selain itu radiasi dari perangkat elektronik juga menyebabkan penuaan dini. Seperti yang diungkapkan dermatologis, bahwa terlalu lama menggunakan ponsel dapat menyebabkan keriput pada bagian leher, terutama di bawah dagu.

Melansir dari Times of India, beberapa tahun lalu, penuaan kulit di leher merupakan isu bagi wanita dewasa yakni mereka yang berusia 40 tahun. Sekarang, masalah ini ternyata juga menyerang para perempuan muda berusia 18 hingga 39 tahun. Inilah yang terjadi, saat seorang wanita menunduk lebih dai 150 kali/ hari.

Seorang dermatologis, Dr. Swati Srivastava mengatakan, “pergerakan kita menyebabkan penuaan. Contohnya, mengerutkan dahi membentuk garis di kening dan tersenyum membuat jejak di pipi.” Akibat yang sama juga terjadi saat seseorang menundukkan kepala kearah ponsel.

Ketika leher menunduk dalam waktu yang lama, otot leher menjadi tegang dan ada jaringan yang berkontraksi. Untuk menghindari penuaan dini akibat gadget, disarankan untuk memberi jeda saat menggunakan ponsel. Selain itu, bisa juga dengan olahraga ringan untuk leher.

Sumber : CnnIndonesia/Jawaban.com by tk

Ikuti Kami