10 Panduan Menjadi Ayah Hebat (P2)
Sumber: Google

Parenting / 9 April 2015

Kalangan Sendiri

10 Panduan Menjadi Ayah Hebat (P2)

Theresia Karo Karo Official Writer
3864
Ketahuilah bahwa menjadi ayah merupakan satu-satunya tugas di dunia, di mana tidak ada orang lain yang bisa melakukan yang lebih baik dari anda. Dan sepanjang karier apapun yang anda jalani saat ini, menjadi ayah bagi anak-anak anda merupakan tugas paling penting. Karena masa depan anda, anak-anak anda, bahkan hingga cucu anda kelak, semuanya dipengaruhi oleh bagaimana anda menjalani peran sebagai ayah. Melanjutkan artikel sebelumnya, “10 Panduan Menjadi Ayah Hebat (P1)” berikut lima panduan lainnya:

Hubungan yang semakin erat
Untuk menjadi seorang ayah yang baik, maka anda perlu berusaha untuk lebih mendengar, memperhatikan, dan berinteraksi secara mendalam dengan masing-masing anggota keluarga. Panduan untuk membangun sebuah relasi yang berhasil bermula dari cinta yang tulus.

Pertolongan Bapa
Ayah terbaik sekalipun pasti membutuhkan bantuan. Kita semua butuh sumber cinta, sukacita, kearifan, dan damai, semuanya itu bisa didapat saat anda meminta pertolongan dari Bapa Sorgawi. Berdoalah, karena Allah mengasihi umat-Nya dan selalu bersedia mengulurkan tangan-Nya untuk anda.

Ayah baik lainnya
Secara alamiah, kita adalah mahluk sosial. Sehingga, kebutuhan untuk berinteraksi secara sosial tetap ada. Apabila para ayah memenuhi kebutuhan tersebut dengan berkumpul bersama para lelaki yang tidak terlalu peduli kepada keluarga atau hidung belang, bukan tidak mungkin anda kemudian mengikuti ‘jejak’ mereka.

Ketahuilah bahwa pergaulan yang buruk merusak maksud yang baik. Oleh sebab itu, penting bagi anda untuk bergaul dengan pria berkarakter, berkomitmen, dan kompeten dalam mencintai keluarganya sehingga pengaruhnya membawa anda ke arah yang lebih baik lagi.

Optimis dan pantang menyerah
Seburuk apapun keadaan, jangan biarkan hal itu mengalahkan anda. Ayah juara tidak pernah menyerah dan para ayah yang menyerah tidak pernah tampil sebagai pemenang. Bila anda ingin maju dan berkembang, semuanya membutuhkan usaha yang lebih dari apa yang anda lakukan saat ini. Saat ayah mengembangkan kekuatan dari dalam diri sendiri dan keberanian untuk tidak pernah menyerah terhadap keluarga, inilah yang akan menjadikan anda pria yang hebat.

Dukungan yang dinamis dan menyeluruh
Dukungan yang dimaksud bukan hanya secara finansial, namun termasuk ‘menafkahi’ keluarga secara emosional, fisik, mental, dan spiritual. Apabila anda terlalu lelah bekerja sehingga tidak bisa mencukupi hal-hal tersebut, anda mungkin membutuhkan beberapa perubahan. Waktu anda terhadap keluarga lebih berharga daripada uang, sebab waktu tidak bisa di beli.

Sumber : Be a Better Dad Today/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami