5 Saran Jitu Ciptakan Waktu Keluarga
Sumber: Shutterstock

Parenting / 3 April 2015

Kalangan Sendiri

5 Saran Jitu Ciptakan Waktu Keluarga

Theresia Karo Karo Official Writer
4835
Ketika anda mendengar “waktu keluarga”, anda mungkin berpikir sesuatu yang besar seperti kumpul natal atau tahun baru, atau ulang tahun pernikahan. Tapi tahukah anda bahwa hal-hal “tidak penting” menurut anda, juga sebenarnya hal-hal yang ampuh untuk melekatkan anggota keluarga? Berikut beberapa saran jitu untuk menciptakan "waktu keluarga":

Makan di luar
Jika terlalu sibuk, beruntung sekali jika memiliki 3 kali saja dalam satu minggu untuk keluar makan bersama. Daripada repot, lebih baik pilih satu hari saja dalam satu minggu seperti jumat malam atau minggu siang, di mana semua anggota keluarga hadir dan menikmati makan malam bersama di luar rumah tentunya.

Saya mengenal satu keluarga besar yang rutin melakukannya, dan mereka tidak pernah merasa bosan. Selalu ada tempat baru yang bisa dikunjungi makan, selalu ada teman baru yang bisa diajak makan, dan selalu ada topik baru yang bisa dibahas.

Waktu bebas televisi
Biasakan ada waktu di mana rumah anda bebas dari suara televisi, radio, atau kesibukan sendiri lainnya dan fokus untuk berkomunikasi bersama keluarga. Biasanya ini mungkin terjadi pada waktu makan malam. Berapa banyak pun orang yang ada di rumah, biasakan untuk kumpul di ruang makan, dan berbincang sambil makan. Tidak ada yang sambil menonton atau mendengar radio.

Bebersih
Paling menyenangkan bila keluarga terbiasa untuk merasa "memiliki" rumah. Jika begitu, maka mereka bisa punya rasa tanggung jawab untuk membantu membersihkan rumah bersama-sama pula. Siapkan waktu 3 minggu atau satu bulan satu kali untuk membersihkan setiap sudut rumah bersama-sama, dari menyortir, mengecat, mencabut rumput, dan lainnya. Manfaatnya selain sehat dan bersih, keluarga
anda semakin kompak!

Rapat keluarga
Saya mengenal sebuah keluarga yang suka mengungkapkan perasaan terhadap satu sama lain selain lewat kata-kata. Mereka mengungkapkannya lewat tulisan. Mereka suka mengkritik, memuji, memberi kata membangun, atau apa saja lewat tempelan tulisan di pintu kamar atau kulkas.

Dari situ, mereka kemudian menyediakan satu hari khusus untuk membahasnya. Satu hari khusus itu mereka sebut dengan rapat keluarga. Biasanya, semua anggota keluarga jadi tertarik untuk hadir di rapat sambil membawa kumpulan tulisan yang ditujukan kepada mereka. Sangat unik untuk menciptakan keterbukaan keluarga bukan?

Berdoa bersama
Saya dibesarkan di tengah keluarga yang melakukan ini selama bertahun-tahun dan tidak berhenti hingga kini. Ketika matahari belum terbit, orang tua kami sudah bangun, membangunkan anak-anak, dan kamipun berdoa bersama. Rasanya? Luar biasa. Selain anak-anak dibiasakan untuk mengenal Tuhan sejak kecil, waktu keluarga yang satu ini benar-benar mendekatkan kami. Karena biasanya kami lanjutkan waktu berdoa ini dengan berbagi masalah untuk bisa didoakan. Kami anak-anak yang tengah bertengkar pun biasanya berdamai ketika doa pagi dimulai.

Ide diatas hanya sebagian saja untuk menciptakan waktu keluarga. anda yang paling mengenal keluarga anda dan bagaimana menyatukan mereka untuk membagi waktu tak terlupakan bersama-sama. Jadi mulailah berkreasi untuk keluarga anda sendiri.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami