10 Panduan Menjadi Ayah Hebat (P1)
Sumber: Google

Parenting / 7 April 2015

Kalangan Sendiri

10 Panduan Menjadi Ayah Hebat (P1)

Theresia Karo Karo Official Writer
4236
Sama seperti pekerja yang sudah pengalaman, menjadi seorang ayah juga membutuhkan panduan yang kuat dan dapat diandalkan untuk membantunya menyelesaikan pekerjaan. Memang tidak ada ayah yang sempurna di dunia ini, namun saat anda memiliki kemauan untuk berusaha menjadi ayah yang lebih baik lagi setiap harinya tentu akan sangat berbeda. Oleh sebab itu, Gregory W. Slayton penulis buku “Be a Better Dad Today” mengungkapkan 10 panduan menjadi ayah yang hebat:

Keluarga menjadi yang utama
Menjalankan tanggung jawab sebagai kepala keluarga sekaligus ayah memang akan membuat anda sangat sibuk. Meskipun begitu, jangan lupa untuk memperhatikan kebutuhan rohani keluarga. Ketahuilah bahwa anda berada dalam perjalanan seumur hidup dengan orang-orang yang paling anda cintai di dunia.

Berikan waktu untuk bersenang-senang bersama keluarga. Hanya butuh kemauan untuk menikmati indahnya hidup yang sederhana dan merayakan hal-hal besar bersama karena  keluarga adalah berkat kehidupan yang harus disyukuri.

Pernikahan yang utuh
Kunci keluarga bahagia ada pada pernikahan yang utuh. Untuk kebahagiaaan anak-anak anda nantinya, penting bagi anda untuk membangun pernikahan yang harmonis dan solid bersama istri. Hasil statistik yang dilansir dari Father Facts, edisi kelima, National Fatherhood Initiative (2007) menyebutkan, bahwa anak-anak yang tumbuh dalam rumah yang bahagia dengan kedua orangtuanya memiliki kemungkinan dua kali lebih besar untuk membangun keluarganya yang bahagia di masa depan.

Tidak hanya itu, pernikahan yang berkomitmen menjadi luar biasa penting bagi anda dan istri. Sebab Tuhan merancang pernikahan sebagai sebuah tempat di mana anda dapat terbuka sepenuhnya dan mengatasi kerentanan pernikahan secara nyata bersama.

Petunjuk moral yang benar dan kerendahan hati
Penting bagi para ayah untuk mewariskan nilai-nilai dan etika yang benar kepada anak-anak mereka. Karena petunjuk moral yang benar akan membimbing mereka dalam segala keadaan dan situasi, bahkan saat anda telah tiada. Anak-anak akan tumbuh menjadi pribadi yang berani, berkarakter, dan berkomitmen.

Untuk menunjukkan kepada mereka moral yang benar, andalkan pertolongan dari Tuhan. Tidak hanya mengajarkan, namun anda juga harus bisa mempraktekkan dan menjadi teladan bagi anak-anak anda.

Ketulusan cinta
Bagaimana caranya? Melalui ucapan dan perbuatan, anda dapat menunjukkan bagaimana komitmen, kesetiaan, kasih karunia, dan kelembutan terhadap mereka. Cinta merupakan pondasi sebagai keluarga utuh yang akan menentukan keberhasilan sebuah keluarga. Mengembangkan kemampuan untuk mencintai anggota keluarga dengan menghargai dan memahami mereka merupakan salah satu panduan yang sangat penting sebagai seorang ayah.
 
Sebagai pemimpin yang mampu melayani
Melayani orang lain merupakan dasar dari semua model kepemimpinan yang berhasil. Tentunya butuh kemauan besar untuk menempatkan kebutuhan dan keinginan keluarga di atas keinginan pribadi.

Sekitar 20 abad yang lalu, salah satu tokoh alkitab Paulus, menganjurkan agar setiap suami mencintai pasangan dan keluarga (Efesus 5:25). Ajaran ini bertahan hingga saat ini. Dan telah terbukti bahwa pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu melayani. Hal ini tidak hanya baik bagi keluarga. Melayani mereka menjadikan anda sebagai pria yang lebih kuat dan lebih baik.

Sumber : Be a Better Dad Today/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami