Refleksi Makna Paskah dalam Pernikahan
Sumber: Google

Marriage / 5 April 2015

Kalangan Sendiri

Refleksi Makna Paskah dalam Pernikahan

Theresia Karo Karo Official Writer
5147
Selamat Paskah! Semoga kebangkitan Kristus membuat kita menjadi pribadi yang baru dan diperbaharui. Paskah merupakan bukti cinta dan kasih Tuhan yang rela berkorban demi menyelamatkan kita semua. 

Tidak kalah penting, pada Perayaan Paskah kali ini mari kita melihat lebih dalam momen penuh makna ini dan merefleksikannya dalam hubungan anda bersama pasangan:

Cinta Tulus 
Salah satu cara untuk menjaga pernikahan tetap kuat adalah dengan memberikan cinta yang tulus dan tanpa pamrih. The University of Virginia's National Marriage Project menyebutkan bahwa murah hati, kedermawanan, dan tanpa pamrih dalam pernikahan mampu menjaga kualitas hubungan pernikahan anda dan pasangan. Penelitian ini menemukan bahwa kehadiran cinta yang tulus membuat sekitar 32 persen pasangan menjadi lebih bahagia. 

Sekarang, bagaimana anda bisa tahu bagaimana cinta yang tulus telah hadir dalam pernikahan anda? Beberapa pertanyaan ini dapat menuntun anda menemukan jawabannya.  Pertama, apakah anda ikhlas mencurahkan cinta kepada pasangan? Selanjutnya, seberapa sering anda bereaksi negatif ketika diminta mengorbankan waktu, energi, emosi, atau finansial demi pasangan? Bila anda masih merasa belum melakukannya, belum terlambat untuk memperbaikinya sekarang.

Memaafkan
Paskah berbicara tentang keselamatan, pengampunan, dan perdamaian. Konflik memang tidak bisa dihilangkan dalam sebuah hubungan. Namun bagaimana sikap anda menghadapinya adalah hal yang berbeda. Apakah anda bersedia memaafkan pasangan saat dia bersalah atau melukai perasaan anda? Sebelum dijawab, pastikan terlebih dahulu anda menyadari pentingnya mengutamakan hati yang lapang untuk tulus memaafkan. 

Percaya harapan selalu ada
Ketika anda berkomitmen dalam janji pernikahan, sadari hal ini  sebagai keputusan untuk selalu hidup bersama dan menjadi ‘satu’ dengan pasangan. Sebab pernikahan, bukan hanya bercerita tentang kebahagiaan, namun akan ada tangis dan kesedihan. 

Namun, jangan takut! Sebab semua pernikahan mengalami hal yang sama. Namun pilihan untuk tidak menyerah dengan konflik dan masalah ada di tangan anda. Ingat bahwa ujian yang ada dalam kehidupan bukan untuk menghancurkan anda, namun untuk menaikkan anda ke ‘level’ berikutnya dalam kehidupan.
 
Untuk itu, pastikan anda dan pasangan tetap berpegang pada harapan dan janji Tuhan yang indah di masa depan. Karena segala sesuatu pasti indah pada waktunya. Selamat merayakan kebangkitan Kristus dalam pernikahan anda!  

Sumber : Kompas/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami