Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
6450


Belakangan ini zumba terus menjadi tren olahraga sehat terutama bagi kaum hawa.  Senam tarian ini awalnya muncul sejak seorang instruktur aerobik asal Kolombia, Alberto ‘Beto’ Perez bosan dengan gerakan senam yang itu-itu saja. Lalu ia pun mulai memberi latihan berbeda dengan musik latin dan memadunya dengan gerakan tarian latin. Senam yang dipandu dengan musik dan tarian ini pun menjadi populer di seluruh dunia.

Popularitas  zumba sebagai alternatif senam aerobik memang bukan tanpa alasan, karena mereka yang menekuninya benar-benar mendapat manfaat besar bagi kesehatan, seperti dijabarkan di bawah ini:

Menurunkan berat badan

Tarian dan gerakan zumba memacu otot bergerak sehingga ampuh membakar kalori dalam tubuh mencapai 500-800 kalori dalam setiap kelas selama satu jam. Untuk menurunkan berat badan, cobalah zumba setidaknya sehari atau dua kali sehari, sesuai keinginan.

Membuat awet muda

Zumba memberi manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Selain membakar kalori, zumba juga membuat jantung terpacu lebih cepat, sehingga sirkulasi darah lancar. Zumba juga mengontraksi semua otot, merangsang hormon endorphin yang merangsang seseorang menjadi lebih bahagia. Mereka yang kerap melakukan zumba akan lebih tampak memiliki kulit yang kencang, daya tahan tubuh yang tinggi dan lebih bugar.

Sembuhkan nyeri punggung

Tak hanya menari dengan iringan musik, zumba juga bisa dilakukan di kolam renang. Hal ini disitilahkan dengan  aqua zumba, latihan yang biasanya dilakukan untuk mengukur ketahanan terhadap gravitasi dan perlawanan terhadap daya apung air. Namun latihan ini ternyata juga bermanfaat untuk menyembuhkan nyeri pada bagian tubuh, termasuk nyeri punggung.

Pemanasan untuk latihan kardio

Saat melakukan latihan kardio, zumba dapat menjadi selingan karena dapat membangun otot dan kekuatan tubuh. Anda bahkan bisa saja mengganti latihan kardio dengan zumba, misal latihan bagaimana menekuk lutut dan jongkok yang benar.

Gerakan zumba memang terasa santai, namun tetap saja memiliki aturan yang ada. Porsi gerakan yang diterapkan dalam zumba adalah 70 persen dansa dan 30 persen fitness. Olahraga ini sangat banyak diminati kaum hawa antaran terpusat pada pembentukan postur dan lekukan tubuh seperti di bagian pinggul, pinggang dan kaki.

Sumber : Okezone.com/jawaban.com/ls


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Yance Salinggi 27 February 2020 - 12:26:16

Hubungan

0 Answer

Marcellinus Chandra Kurniawan 27 February 2020 - 08:55:53

Ask about GOD.. Where is True GOD?

0 Answer

Marcellinus Chandra Kurniawan 27 February 2020 - 08:49:59

Filistin

0 Answer


adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

Banner Mitra Februari 2020 (3)


7264

Banner Mitra Februari 2020 (3)