4 Gejala Kondisi Keuangan Anda Dalam Bahaya

4 Gejala Kondisi Keuangan Anda Dalam Bahaya

Puji Astuti Official Writer
4759

Apakah Anda yakin kondisi keuangan Anda saat ini dalam posisi aman? Cicilan rumah dan kartu kredit setiap bulannya terbayar, demikian juga kebutuhan hidup setiap hari. Namun apakah hal itu artinya kondisi keuangan aman?

Banyak orang tidak menyadari posisi keuangannya, dan ketika tiba-tiba mereka pada posisi sulit, barulah terbuka matanya bahwa ia sudah terjerat dalam masalah keuangan dan butuh waktu bukan hanya hitungan bulan bahkan seringkali beberapa tahun baru bisa mengatasinya. Mudahnya mendapatkan kartu kredit saat ini menjadi salah satu penyumbang masalah, karena jika tidak digunakan dengan bijaksana, orang itu bisa pusing tujuh keliling membayar berbagai tagihan yang datang. Lalu bagaimana kita bisa mendeteksi apakah kondisi keuangan kita aman atau tidak? Berikut ini adalah 4 hal yang bisa menjadi tanda bahaya bahwa kondisi keuangan Anda dalam kondisi darurat :

1# Anda tidak punya tabungan untuk kondisi kritis

Menyiapkan payung sebelum hujan itu penting, untuk itu memiliki dana simpanan untuk masa-masa darurat ketika sesuatu yang tidak diharapkan terjadi seperti PHK atau sakit akan menjaga kondisi keuangan tetap stabil. Untuk itu, kriteria pertama bahwa kondisi keuangan Anda sehat adalah memiliki tabungan untuk kondisi kritis tersebut. Biasanya disarankan besarannya antara  3 sampai 6 kali gaji Anda.

2# Mengajukan pinjaman tanpa agunan untuk kebutuhan konsumtif

Saat ada kebutuhan mendesak dan tidak punya uang, apa yang akan Anda lakukan? "Mengajukan pinjaman tanpa agunan," itu jawaban kebanyakan orang. Namun hal itu adalah mimpi buruk bagi kondisi keuangan Anda.

Pinjaman tanpa agunan adalah pemangsa tanpa belas kasihan. Jika Anda meminjam dari bank bunganya bisa mencapai 30 - 40%, namun jika meminjam dari lintah darat, bunga yang diberikan terbilang mencekik, bagaimana tidak? Tarif bunga pinjaman bisa mencapai 100-500% .

Untuk itu, pinjaman tanpa agunan bukanlah solusi untuk masalah Anda. Hal ini bisa berbahaya jika tidak ditangani dengan baik, terlebih untuk kebutuhan konsumtif.

3# Anda hanya bisa membayar tagiham minimum kartu kredit tiap bulannya

Pembayaran minimum kartu kredit dan pinjaman tidak dirancang untuk membantu Anda melunasi hutang dengan cepat, sebaliknya agar pinjaman lebih lama sehingga pihak bank bisa mendapatkan bunga dari pinjaman Anda itu.

Untuk itu, sebisa mungkin Anda melunasi kartu kredit Anda setiap bulannya, dan jika tidak bisa minimal melebihi tagihan minimum Anda. Selain itu, sebisa mungkin bayar tagihan tepat waktu, karena jika tidak maka akan ada biaya tambahan.

4. Anda berhenti menabung untuk pensiun atau bahkan tidak memilikinya

Akan tiba saatnya Anda berhenti bekerja baik karena kondisi kesehatan atau usia, dan berharap bisa menikmati hidup dengan tabungan  yang Anda kumpulkan bersama berjalannya waktu, atau biasanya yang disebut tabungan hari tua atau pensiun. Namun Anda tidak akan bisa menimati masa itu jika Anda tidak memiliki atau berhenti menabung sebagian penghasilan Anda.

Salah satu triknya adalah menyisihkan sebagian penghasilan Anda tiap bulannya untuk pensiun nanti. Apa yang Anda simpan akan menanti Anda di masa depan nanti, selain itu ada tambahan bunganya. Jika Anda belum memulai yang satu ini, mulailah sekarang juga.

Coba cek kembali empat gejala di atas, apakah Anda mengalaminya atau tidak? Jika ada salah satu gejala di atas, maka Anda perlu memperbaikinya sebelum memulai berpikir untuk berinvestasi. Jangan tunggu sampai kondisinya parah, karena masa depan Anda dan keluarga yang dipertaruhkan.


Sumber : Investopedia.com | Puji Astuti

Ikuti Kami