5 Asupan Gizi yang Wajib Dipenuhi

5 Asupan Gizi yang Wajib Dipenuhi

Lori Official Writer
6300
<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 MicrosoftInternetExplorer4 </xml><! endif]-->

Asupan vitamin dan mineral yang minim dalam tubuh dapat menimbulkan beragam penyakit, salah satunya adalah kekurangan gizi dalam tubuh yang menyebabkan fungsi organ tubuh tidak berjalan dengan baik.

Sangat baik untuk mengidentifikasi asupan gizi yang tepat bagi tubuh. Berikut 5 asupan gizi yang wajib dipenuhi untuk dapat menjamin fungsi organ tubuh berjalan dengan baik.

1. Vitamin B12

Vitamin B12 berfungsi membantu sel-sel darah merah dalam tubuh dan sistem saraf berfungsi dengan baik. Saat tubuh kekurangan asupan vitamin B12, maka tubuh akan mudah merasa lelah, kesemutan pada kaki atau ujung jari dan depresi. Sumber asupan Vitamin B12 dapat diperoleh dari daging, unggas, ikan dan telur.

2. Zat Besi

Zat besi adalah suatu zat dalam tubuh manusia yang erat dengan ketersediaan jumlah sel darah merah yang diperlukan dalam tubuh. Saat tidak mendapatkan asupan zat besi yang cukup, maka seseorang akan terserang anemia atau kekurangan darah, lelah dan pusing. Asupan zat besi dapat diperoleh dari daging, unggas, ikan dan telur. Selain itu juga zat besi juga terkandung dalam makanan nabati seperti kacang-kacangan dan sayuran hijau.

3. Omega 3

Omega 3 adalah asam lemak tak jenuh yang membantu proses anti-inflamasi dalam tubuh. Omega 3 juga bisa berfungsi untuk mengurangi risiko serangan jantung, asam urat, dan depresi. Asupan omega 3 dapat diperoleh dari minyak ikan salmon dan tuna.

4. Magnesium

Magnesium adalah mineral penting bagi tubuh yang berfungsi penting untuk menjaga kesehatan jantung, sistem saraf bahkan mampu mencegah kontraksi otot. Kekurangan magnesium bisa menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Untuk memenuhi kebutuhan akan magnesium, ada baiknya mengkonsumsi makanan seperti kacang-kacangan, sayur-sayuran, biji-bijian, almond, alpukat, gandum dan beras merah.

5. Vitamin D

Vitamin D sangat penting dalam penyerapan kalsium dalam tubuh dan membantu mempertahankan kepadatan tulang. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan osteoporosis atau kerapuhan tulang serta gangguan fungsi kelenjar tiroid yang bertanggung jawab atas proses metabolisme tubuh. Vitamin D dalam tubuh bisa dipenuhi dengan memperoleh paparan sinar ultraviolet yang cukup. Sedang sumber makanan yang mengandung Vitamin D bisa diperoleh dari beragam produk olahan susu dan telur.

Agar organ tubuh berjalan sesuai dengan fungsinya, setiap orang harus memenuhi asupan vitamin dan mineral sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan tubuh. Sehingga penting sekali untuk memperhatikan pola makan dan jenis makanan yang layak dikonsumsi.

Sumber : Boldsky.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami