Cara Cerdas Rawat Kamera Saat Liburan

Cara Cerdas Rawat Kamera Saat Liburan

Lori Official Writer
3408
Liburan akan sangat menyenangkan bila dilengkapi dengan kamera sebagai alat untuk mengabadikan setiap detik momen perjalanan. Namun, bagi Anda yang pemilik kamera berjenis canggih dan sensitif patut mewaspadai bahaya laten dari kondisi di sekitar wisata Anda, seperti terik matahari, pasir, dingin dan air.

Lalu bagaimana cara cerdas untuk tetap merawat kamera Anda saat liburan?

#1 Gunakan tas kamera

Menyatukan kamera dengan barang bawaan lainnya dalam satu tas bukanlah cara praktis dan cerdas. Selain dapat menimbulkan goresan, tumpukan barang lain akan mempengaruhi kinerja kamera. Untuk menghindari kerusakan, sebaiknya gunakan tas kamera khusus dan pisahkan kamera secara tersendiri dari bawaan lainnya.

#2 Perhatikan kondisi sekitar

Mnegabadikan momen selama liburan memang sangat menarik. Apalagi destinasi yang Anda tuju merupakan kunjungan pertama kali. Meskipun demikian, sebaiknya tetap memperhatikan kamera dengan baik. Ingat, Anda membawa ‘investasi’ jutaan rupiah kea lam bebas.  Pastikan mematikan kamera saat tidak digunakan dan jangan terlalu sering melihat hasil potretan agar kamera tidak cepat lowbat.

# Gunakan housing anti-air

Saat Anda berwisata ke destinasi air, jangan lupa memasang housing anti-air pada kamera. Pilih kualitas yang benar-benar baik dan tahan lama, meski sedikit mahal. Hal ini berguna untuk menjaga kamera dari air.

#5 Pasang Tutup Lensa

Tutup lensa merupakan barang berharga yang patut dipasang di kamera jenis DSLR. Biasanya tutup kamera manual terdapat pada kamera DSLR. Hal ini penting untuk menjaga lensa agar tidak terkena goresan saat dibawa.

#6 Bersihkan kamera

Selalu baa peralatan pembersih khusus kamera saat liburan. Alat pembersih yang dapat Anda pakai seperti kuas, lap dan lain-lain. Membersihkan secara rutin akan membuat kamera Anda terhindar dari kerusakan relatif lebih lama.

Kehadiran kamera saat liburan memang akan menjadikan perjalanan terasa sangat menyenangkan. Tetapi akan sangat menyebalkan bukan bila sewaktu-waktu ketika menikmati liburan terjadi kerusakan fatal terhadap kamera Anda. Jadi, hal yang perlu Anda lakukan adalah tetap melindungi kamera Anda dari setiap kondisi yang membahayakannya.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami