6 Tips Hasil Jepretan Maksimal Dengan Smartphone
Sumber: Aplikasi-android.net

Entertainment / 18 November 2014

Kalangan Sendiri

6 Tips Hasil Jepretan Maksimal Dengan Smartphone

Lori Official Writer
4515
Menjamurnya ponsel pintar atau smartphone yang dilengkapi dengan kamera dengan kualitas yang cukup baik, menumbuhkan minat para pengguna telepon untuk mengabadikan setiap momen yang dengan sekali jepretan.

Setiap jepretan tentu diharapkan tak hanya sekedar gambar, tetapi memiliki nilai jepretan yang berkualitas. Oleh karena itu, 6 tips fotografi ini bisa menjadi pemandu bagi para pengguna smartphone.

1. Lensa Kamera

Sebagian besar para pengguna smartphone meletakkan perangkat dalam kondisi yang tidak baik. Sehingga menyebabkan lensa kotor, blur dan berpengaruh pada hasil gambar yang kurang baik. Untuk itu, sebelum memotret bersihkan terlebih dahulu bagian lensa kamera smartphone.

2. Cahaya Ruang

Dalam teknik dasar fotografi, hasil jepretan sangat bergantung pada pencahayaan di sekeliling objek. Sangat disarankan agar pengguna terlebih dahulu menyesuaikan cahaya ruang dengan kapasitas kamera smartphone.

3. Kualitas high

Setiap kamera telepon genggam pasti memiliki pengaturan masing-masing. Nah, untuk mendapatkan hasil maksimal dari jepretan, perhatikan pengaturan terkait kualitas gambar.  Sangat disarankan menggunakan kualitas high kendati kapasitas gambar akan jauh lebih besar.  

4. Posisi menjepret

Pilihlah posisi memotret secara horizontal (landscape) ketimbang vertical (portrait). Alasannya, jika jepretan dalam bentuk panorama dan menggunakan portrait, maka kesan luas dan lapang tersebut akan sulit diabadikan. Begitu pula dengan menjepret dengan mode panorama yang ada di smartphone, beberapa gambar yang dijepret dengan posisi portrait pun pada akhirnya akan digabungkan menjadi satu dan tetap saja dalam bentuk landscape.

5. Gunakan komposisi 1/3 dan 2/3

Untuk menghasilkan gambar yang jelas dan tidak buram, para pengguna smartphone sebaiknya menggunakan teknik fotografi dengan menggunakan komposisi 1/3 dan 2/3.

6. Gunakan piranti lunak tambahan

Beragam aplikasi photo editing banyak sekali ditawarkan oleh Google Play. Jadi, pilih salah satu aplikasi yang simple dan menghasilkan kualitas yang baik untuk mengedit foto jepretan Anda.

Bagaimana dengan Anda para pengguna smartphone, sudahkah menerapkan teknik dasar penggunaan kamera smartphone di atas? Selamat mencoba dan menghasilkan jepretan yang berkualitas.

Sumber : Okezone.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami