7 Kualitas Pemenang Yang Harus Dimiliki Pengusaha

Entrepreneurship / 9 February 2015

Kalangan Sendiri

7 Kualitas Pemenang Yang Harus Dimiliki Pengusaha

Puji Astuti Official Writer
5764

Pemenang dalam dunia olahraga dan dalam dunia usaha memiliki beberapa kesamaan, mereka memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan, misi yang harus dikejar dan permainan yang harus dimenangkan. Dalam dunia usaha, setiap hari adalah kerja keras, disanalah lapangan pertandingan yang nyata dimana strategi dan pengambilan keputusan yang tepat akan menentukan hasil yang akan diperoleh.

Berikut ini adalah 7 kualitas seorang pemenang dalam dunia usaha yang akan membantu Anda bertumbuh menjadi seorang pemenang sejati :

1# Merangkul tekanan

Para pengusaha yang berhasil membangun kerajaan bisnis biasanya adalah orang yang mengalami tekanan yang sangat besar, mereka memikul beban yang berat dari harapan yang sangat tinggi dari sekelilingnya. Mereka diragukan, diejek, dan kadang tidak dianggap, namun hal itu tidak membuat mereka meratapi nasib, tetapi malah memacu semangatnya untuk membukti bahwa semua orang itu telah membuat keputusan yang salah telah berlaku demikian kepada dirinya. Beberapa orang tidak bisa menanggung tekanan, namun beberapa orang bisa mengubah tekanan itu menjadi energi untuk mendorong mereka meraih mimpinya.

2# Cintai orang yang membenci Anda

Dalam dunia olahraga, ada kelompok penggemar setia/fans dan juga kelompak pembenci/hater. Mencintai orang yang mencintai Anda adalah hal yang mudah, namun bagaimana dengan mereka yang mengkritik Anda bahkan membenci Anda?

Sama seperti tim yang hebat mau mendengarkan kritikan untuk melakukan perbaikan, demikian halnya dengan pengusaha yang hebat. Jadi, jika Anda memiliki kelompok hater, berbahagialah, artinya Anda memiliki kritikus setia yang akan mengikuti gerak-gerik Anda dan siap sedia mencari kesalahan Anda. Jangan membenci mereka, hal itu akan menghabiskan energi Anda. Cintailah mereka, dan terimalah kritikan dengan lapang dada. Belajarlah dari kritikan itu, dan jika celaan itu tidak benar, abaikan dan terus maju.

3# Setiap personel itu penting

Dalam sepakbola, setiap orang dalam tim memiliki peran yang penting dan tidak tergantikan. Hal ini disadari oleh setiap anggota tim sehingga mereka bisa bekerja sama dengan baik untuk meraih kemenangan. Apakah kualitas ini ada dalam tim Anda? Apakah anggota tim Anda menyadari bahwa diri mereka penting, peran mereka dibutuhkan dan tak tergantikan dalam kesuksesan usaha Anda? Jika jawabannya adlah "Ya", maka Anda memiliki sebuah tim yang siap menang.

4# Tetap berikan yang terbaik sekalipun kalah

Sekalipun Anda sudah diakhir usaha Anda, saat rasanya segala sesuatu berusaha menggagalkan Anda, tetap berikan usaha terbaik Anda. Itulah yang terjadi di lapangan pertandingan dalam dunia olahraga. Sebelum peluit yang menandai waktu pertandingan telah selesai, para pemain memberikan segala usaha terbaik mereka hingga detik terakhir. Karena bahkan di detik terakhir, seorang pemain masih bisa membuat perbedaan dan menambah angka bagi timnya.

Hal serupa berlaku dalam dunia usaha, kondisi seburuk apapun, lakukan usaha dengan segenap tenaga, berikan yang terbaik, karena kondisi bisa berubah hingga di detik-detik terakhir penentuan. Jangan pernah kehilangan pengharapan, bahkan ketika kalah dalam sebuah persaingan bisnis, karena masih ada peluang lain yang menanti Anda.

5. Miliki konsentrasi ekstrim

Para pengusaha yang terbaik adalah mereka yang bisa menanggung stres yang sangat ekstrim. Stres yang ekstrim membutuhkan seseorang dengan konsentrasi yang ekstrim sehingga ia tetap dapat menangani masalah dengan kepala dingin walau mengalami tekanan yang hebat.

Hal inilah yang dilakukan para pemain bola dilapangan, mereka harus tetap konsentrasi dengan suara gemuruh penonton baik para pendukungnya ataupun cemooh dari pendukung tim lawan. Mereka masih harus mendengarkan perintah dari pelatih di pinggir lapangan sambil memperhatikan arahan dari kapten tim. Dalam kondisi itu mereka harus bekerja keras menghadapi tim lawan.

Dalam wirausaha, tekanan akan datang dari berbagai arah, tanpa batas dan kadang tidak mengenal waktu. Yang perlu Anda lakukan adalah konsentrasi, fokus pada target dan melakukan improvisasi yang tepat disaat-saat genting jika diperlukan.

6. Tetap rendah hati

Jangan merayakan kemenangan sebelum kemenangan itu ada ditangan Anda sepenuhnya, dan saat Anda menang, terima hal itu dengan kerendahan hati. Saingan Anda mungkin bekerja sama kerasnya dnegan Anda, beri mereka penghargaan dan bahkan mungkin sebuah tepukan di bahu.

Jika Anda merayakan kemenangan sebelum itu ada ditangan Anda, posisi Anda akan sangat sulit jika ternyata Anda akhirnya kalah.

7# Bersedia untuk berhenti sejenak

Dalam sebuah pertandingan, ada kalahnya pelatih meminta waktu untuk istirahat sejenak, baik itu untuk pergantian pemain, istirahat untuk minum atau untuk mengatur ulang strategi. Untuk itu saat pesaing Anda ternyata membuat langkah ke kiri, saat Anda kira dia akan melangkah ke kanan, berhentilah sejenak, kumpulkan anggota tim Anda dan lakukanlah improvisasi.


Sumber : Entrepreneur.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami