Masalah Datang, Berserah Atau Pasrah?

Masalah Datang, Berserah Atau Pasrah?

Tiurma Ida Purba Official Writer
38156
Apakah yang membedakan berserah dengan pasrah? Terkadang mungkin anda menganggap dua kata ini sama. Namun, tahukah bahwa ini adalah 2 kata yang memiliki arti yang berbeda. Persepsi yang salah dapat menimbulkan tindakan yang salah juga. 
Berserah berarti berpikiran optimis /positif, tetap berusaha, dan mengikuti apa kehendak Tuhan. 
Pasrah berarti berpikiran pesimis/negatif, tidak berusaha dan hilang harapan. 
Berikut ini adalah contoh tokoh alkitab yang berserah dan pasrah : 

1. Perempuan Kanaan 

Matius 15: 21-28 
Lalu Yesus pergi dari situ dan menyingkir ke daerah Tirus dan Sidon.  Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: "Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita." Tetapi Yesus sama sekali tidak menjawabnya. Lalu murid-murid-Nya datang dan meminta kepada-Nya: "Suruhlah ia pergi, ia mengikuti kita dengan berteriak-teriak." Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. " Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia  sambil berkata: "Tuhan, tolonglah aku." Tetapi Yesus menjawab: "Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing." Kata perempuan itu: "Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya." Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: "Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki." Dan seketika itu juga anaknya sembuh.

Pada ayat ini mengingatkan pada perempuan kanaan yang pemberani. Saat itu anaknya sedang kerasukan setan. Dan ketika mendengar kabar Yesus datang ke Tirus dan Sidon, perempuan tersebut langsung mendatangi Yesus dengan penuh pengharapan. Ini adalah satu tindakan berserah kepada Tuhan. Ketika anda memiliki masalah, apa yang akan anda lakukan? Siapa yang anda cari terlebih dahulu? Tuhan atau mungkin keluarga atau sahabat yang dapat menolong anda? 
Nah, tindakan anda inilah yang akan membedakan anda berserah atau pasrah. Orang yang berserah kepada Tuhan, pastinya akan mencari Tuhan dalam situasi apapun. Berserah berarti mengandalkan Tuhan sepenuhnya. Orang yang berserah kepada Tuhan, tahu bahwa tidak ada yang dapat menolongnya selain Yesus. 
Perjuangan perempuan kanaan ini tidak sampai sini saja. Ketika murid-murid menghalanginya, dia tetap menerobos agar dapat berbicara dengan Yesus. 

Tindakan perempuan ini mengingatkan pada Yesaya 43:26 : 

“ Ingatkanlah Aku, marilah kita berperkara, kemukakanlah segala sesuatu, supaya engkau nyata benar!”. 
Ketika anda mengalami masalah bahkan kesesakan yang tak terkatakan, percayalah bahwa Dia melihat air mata yang anda tuangkan dalam sebuah doa. Tuhan selalu ingin, anak-anaknya bersekutu dengan Dia. Persekutuan anda dengan Tuhan akan memagari anda dalam hal apapun yang dapat menjatuhkan anda. 
Lalu, ketika perempuan kanaan itu meminta bantuan kepada Yesus untuk menyembuhkan anaknya, Dia memberikan perumpamaan tentang seekor anjing. Apakah perempuan itu langsung menyerah? Yang dia lakukan adalah tetap merendahkan hati. Inilah yang sangat menyentuh hati Tuhan. Dia selalu meninggikan orang-orang yang merendahkan hati. Inilah ciri-ciri orang yang berserah penuh kepada Tuhan. 

2. Yudas Iskariot 
Matius 27 : 5 : “ Maka ia pun melemparkan uang perak itu ke dalam Bait Suci, lalu pergi dari situ dan menggantung diri” 

Yudas Iskariot adalah salah satu murid Yesus. Ia menjual Yesus dengan 30  keping perak. Apakah anda percaya bahwa apabila Yudas datang kepada Yesus dan bertobat, maka dia akan diampuni? Ya, itu pasti karena Tuhan Yesus adalah Tuhan Maha Pengasih dan Maha Pengampun. Namun, mengapa Yudas bergitu bodohnya menggantung dirinya. 
Hal itu dikarenakan Yudas pasrah kepada keadaan. Yudas berpikir pesimis dan negatif. Dia berpikir bahwa dosanya sangat besar dan tidak akan terampuni. Yang kedua, Yudas tidak datang kepada Tuhan,namun mengandalkan kekuatannya. Inilah yang membuat mengapa Yudas bunuh diri.



Berikut ini adalah cara untuk berserah kepada Tuhan :  
# Doa
Matius 6:5-15 
"Dan apabila kamu berdoa, janganlah berdoa seperti orang munafik. Mereka suka mengucapkan doanya dengan berdiri  dalam rumah-rumah ibadat dan pada tikungan-tikungan jalan raya, supaya mereka dilihat orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya. Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu  yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu. Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata  doanya akan dikabulkan. Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan,  sebelum kamu minta kepada-Nya. 
Anda dapat berdoa dengan ketulusan hati anda. Yang Tuhan inginkan adalah ketulusan hati bukan panjang doa anda. 

# Percaya Kepada Tuhan
Amsal 3 : 5 
“ Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianMu sendiri”.
Jika anda percaya kepada Tuhan, berarti anda mengandalkan Tuhan dengan sepenuhnya. Cobalah untuk menyerahkan seluruh apa yang terjadi dalam hidup anda adalah diperkenankan Tuhan.

# Pikul Salib 
Matius 16 : 24 
Lalu Yesus berkata kepada murid-muridnya : “ Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut aku”. 
Syarat untuk mengikut Yesus adalah rela untuk memikul salib. Memikul Salib berarti melakukan apa yang Tuhan perintahkan. Di tengah dunia yang semakin rusak, anda sebagai anak-anak Tuhan harus tetap berdiri teguh, walaupun anda dianggap rendah dan dipandang sebelah mata.

Mungkin saat ini anda memiliki masalah yang sangat berat, namun keputusan tetap ada di tangan anda. Berserah atau Pasrah. Alangkah indahnya bila anda berserah kepada Tuhan, dan anda bisa menjadi saksi Tuhan. Melalui hidup anda, banyak orang yang diberkati. 

Jika, anda membutuhkan bantuan untuk di doakan, anda dapat menghubungi Konseling Center CBN, cerita curhat dan rahasia Anda terjamin seutuhnya. Jangan ragu berkonsultasi dengan kami, karena kami ada 24 jam. Angkat telepon dan hubungi 021-8992-1333. 

Sumber : berbagai sumber/by tiur

Ikuti Kami