Mengatasi Masalah Bersama Tuhan, Bagaimana Peran Konsultasi bagi Umat Kristiani?

Kata Alkitab / 21 April 2023

Kalangan Sendiri

Mengatasi Masalah Bersama Tuhan, Bagaimana Peran Konsultasi bagi Umat Kristiani?

Bella Tiurma Official Writer
1292

Tak seorang pun dalam kehidupannya yang tidak pernah mengalami masalah. Setiap orang tentu akan diperhadapkan dengan sebuah masalah, baik masalah yang mudah maupun masalah sulit sekalipun. Secara sadar ataupun tidak, sebuah masalah akan mempengaruhi pola pikir dan perilaku seseorang. Sehingga ketika masalah yang dihadapi tidak diselesaikan dengan cepat dan tepat akan berdampak kepada kondisi kesehatan seseorang. 

Namun bagi setiap umat Kristiani, sekalipun sebuah pencobaan datang dalam hidupnya Tuhan Yesus menegaskan untuk jangan takut menghadapinya. Karena sebagai orang percaya yang memiliki iman pada Kristus, akan menyerahkan segala perkara pada Tuhan yang memberikan masalah tidak melebihi dari kekuatan kita. Seperti yang tertulis dalam kitab 1 Korintus 10 : 13 “Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.” 

Disisi lain, ada beberapa dari umat Kristiani yang tidak dapat menghadapi dan menyelesaikan masalahnya sendiri melainkan perlunya bantuan orang lain atau konsultasi. Dengan melakukan konsultasi adalah cara yang tepat bagi umat Kristiani ketika tidak memiliki cara lain dalam menyelesaikan masalahnya. Namun yang perlu diingat bagi setiap umat Kristiani yang melakukan konsultasi, tidak hanya cukup sampai masalah selesai saja tetapi adanya sebuah perubahan dalam hidupnya yang menyenangkan Tuhan dan serupa denganNya. 

Melalui konsultasi umat Kristiani akan mendapatkan sebuah pandangan baru. Dimana Tuhan Yesus akan menuntun setiap bimbingan dan setiap umat Kristiani akan mendapatkan sebuah proses pemulihan dan peneguhan iman. Hal inilah yang menjadi dasar sebuah konsultasi bagi umat Kristiani. 

Sebuah konsultasi bertujuan supaya umat Kristiani mengalami penerimaan diri, adanya keterbukaan dalam berkomunikasi, belajar menerima perubahan dari Allah di dalam hatinya, serta umat Kristiani dapat bangkit dan berjuang menghadapi kehidupan selanjutnya di dalam Kristus. 

Tujuan berkonsultasi tidak hanya mendapatkan sebuah pemulihan dan pembaharuan hidup saja, tetapi adanya peran untuk membangun kehidupan Kristen ke arah kepenuhan Kristus yang berdasarkan kasih dan kedewasaan rohani dalam hidup yang berpusat pada Kristus.  

Melalui bantuan konseling, setiap umat Kristiani akan mendaptkan bantuan untuk menyembuhkan luka-luka batin yang dialami. Dimana penyembuhan luka batin ini dilakukan oleh Roh Kudus dalam jiwa setiap umat Kristiani yang terluka karena dosa yang terpendam. Seperti yang dikatakan dalam Ibrani 12 : 15 “Jagalah supaya jangan ada seorang pun menjauhkan diri dari kasih karunia Allah, agar jangan tumbuh akar yang pahit yang menimbulkan kerusuhan dan yang mencemarkan banyak orang.” Setiap umat Kristiani akan mengalami pemulihan melalui pertobatan dan pengampunan sejati dari Allah. 

Oleh karena itu, sebuah konseling juga berperan penting bagi kehidupan setiap orang percaya. Melalui konseling hidup setiap orang dapat dipulihkan, dan mendapatkan perbaharuan dalam pengenalannya dengan Allah dan kebenarannya. Layanan Doa dan Konseling CBN pun hadir untuk memenuhi kebutuhan ini, sehingga akan lebih banyak orang yang mengalami kasih Tuhan dan hidupnya diubahkan. Mari dukung misi kami untuk menjadi perpanjangan tangan Tuhan bagi orang-orang yang membutuhkan dengan cara mendukung pelayanan ini. 

 

DUKUNG LAYANAN DOA DAN KONSELING CBN

Sumber : media.neliti.com | jurnal.sttati.ac.id
Halaman :
1

Ikuti Kami