4 Cara Mudah Pola Hidup yang Datangkan Kekayaan
Sumber: Kompas.com

Entrepreneurship / 29 August 2014

Kalangan Sendiri

4 Cara Mudah Pola Hidup yang Datangkan Kekayaan

Lois Official Writer
8252

Kesalahan terbesar dalam diri manusia adalah pola / gaya hidup yang mewah dan berlebihan, saat pendapatan masih biasa saja. Biasanya, keinginan yang membuat manusia hidup boros. Pola seperti ini tentu membuat seseorang susah kaya, bahkan seringkali terjebak dalam lilitan hutang. Ada empat cara yang bisa dipakai dan membuat Anda kaya, yaitu :

Bawa Bekal ke Kantor

Membawa bekal ke kantor punya banyak manfaat. Anda bisa lebih hemat, itu satu hal yang pasti dan juga lebih sehat. Jika tidak percaya, cobalah eksperimen berikut ini. Hitunglah berapa pengeluaran Anda untuk makan siang setiap hari, lalu kalikan dengan jumlah hari kerja Anda. Misalnya saja, makan siang setiap hari Rp 20 ribu, dikali 22 hari kerja Anda. Jadi, jumlah per bulan untuk makan siang total Rp 440 ribu, belum termasuk snack. Rp 440 ribu tersebut coba Anda berikan pada istri atau ibu Anda yang masak. Bisa jadi, uang tersebut untuk makan sebulan keluarga, tiga kali sehari.

Jangan Beli Kendaraan Pribadi

Jika belum benar-benar memerlukannya, jangan beli dulu mobil pribadi. Tapi harus dilihat juga. Misalnya, Anda membeli sepeda motor karena memang lebih irit dan lebih cepat sampai ke kantor, maka membeli sepeda motor tidaklah boros tapi malah membuat Anda lebih hemat. Tapi jika beli mobil hanya untuk bergaya, ada baiknya ditahan dulu. Karena Anda harus mengeluarkan uang tambahan seperti asuransi mobil, biaya perawatan, mengganti suku cadang, BBM, dan keperluan lainnya.

Belilah Barang yang Berkualitas dengan Harga Terjangkau

Carilah dulu kualitasnya baru harganya. Banyak barang yang harganya mungkin murah tapi cepat rusak. Belilah barang yang bisa dipakai sampai lama sekali, bahkan mungkin sekali dalam seumur hidup Anda. Namun, tentu harganya bisa dijangkau. Bukannya barang yang mahal hanya karena merk saja, tapi tidak menjamin kualitasnya.

Menabung Dana Pensiun

Ini salah satu cara yang buat Anda bisa kaya, tapi Anda harus cerdik dalam menentukan kemana dana pensiun Anda akan ditabung. Pastikan Anda menyimpan minimal 10% dari penghasilan Anda. Selain menabung dana pensiun, dalam jangka menengahnya, Anda bisa tabung juga untuk mendirikan bisnis sendiri atau berinvestasi di bidang property serta untuk pendidikan anak.

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan, karena itu kita harus mengantisipasi segala kemungkinan. Daripada menghabiskan uang hanya untuk masa sekarang, alangkah baiknya jika kita lebih memikirkan tentang masa depan. Masa depan yang gemilang, tentu mendatangkan sukacita.

 

Ini artikel yang perlu dibaca juga :

Mengatasi Trauma Masa Kecil

4 Sumpah Pernikahan yang Paling Susah Ditepati

4 Minuman Penurun Stres

Guardians of the Galaxy, Penjahat yang Jadi Penjaga Semesta

Sumber : liputan6.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami