Tertarik Bisnis Rumah Sewa dan Kos? Baca Ini Dulu!
Sumber: www.iaproperti.com

Investment / 30 June 2014

Kalangan Sendiri

Tertarik Bisnis Rumah Sewa dan Kos? Baca Ini Dulu!

Theresia Karo Karo Official Writer
5052

Selain pangan dan pakaian, tempat tinggal adalah salah satu kebutuhan utama manusia. Bila anda ingin memulai usaha yang berhubungan dengan tempat tinggal, maka anda dapat berinvestasi dengan rumah sewa dan kos-kosan.

Memulai usaha rumah sewa dan kos-kosan pastinya memerlukan modal yang cukup besar. Selain itu patut dipertimbangkan lokasi yang strategis, biasanya ada di sekitar pabrik, perkantoran, pusat pertokoan, sekolah atau kampus. Bagi anda yang ingin memulai usaha ini, harap memperhatikan beberapa hal berikut:

Modal

Modal yang cukup besar biasanya digunakan untuk membeli tanah dan mendirikan bangunan. Biasanya semakin strategis lokasi, berbanding lurus dengan tingginya harga tanah.

Lokasi

Semakin strategis lokasi, maka kemungkinan untuk menetapkan tarif sewa juga semakin tinggi. Pilih lokasi yang dekat dengan akses ke jalan raya atau angkutan umum, pasar, pertokoan, mall, rumah makan dan berbagai keperluan umum lainnya.

Fasilitas

Kos-kosan dan rumah sewa memiliki perbedaan dalam hal fasilitas pendukung. Bagi calon penyewa kos, yang terutama dicari adalah tempat tidur, lemari, dan kamar mandi. Bila sasaran anda adalah pelajar dan mahasiswa akan lebih baik menyediakan meja belajar dan kursi. Fasilitas pendukung lain yang menjadi pertimbangan adalah dapur, kulkas, dan AC atau kipas.

Bagi rumah sewa, yang biasanya diperhatikan adalah ventilasi, kebersihan dan kelancaran air serta tingkat keamanan lingkungan tempat tinggal. Biasanya rumah sewa disediakan tanpa perabotan atau alat rumah tangga, hal ini menjadi tanggung jawab penyewa.

Kebersihan

Kebersihan adalah salah satu pertimbangan bagi calon penyewa kos atau rumah. Bila tampilan awalnya saja kotor, kusam, gelap akan mengurangi kenyamanan. Usahakan untuk menjaga kebersihan property anda, karena pertimbangan saat survey pertama akan sangat mempengaruhi keputusan calon penyewa.

Calon Penyewa

Perhatikan identitas penyewa yang bisa dipertanggungjawabkan agar terhindar dari hal-hal yang merugikan. Setidaknya mengetahui identitas dasar seperti Fotocopy KTP,SIM atau tanda pengenal lainnya serta tempat penyewa bekerja atau sekolahnya.  

Harga

Menetapkan harga tergantung dari fasilitas dan kualitas kos atau rumah yang anda sewakan. Semakin baik kualitas dan kenyamanan yang ditawarkan, kesempatan menawarkan harga yang lebih tinggi juga semakin baik. Selain itu, perhatikan orang lain di sekitar anda yang juga memiliki usaha yang sama. Bandingkan bagaimana penetapan harga oleh mereka dan bandingkan dengan properti yang anda miliki.

Keamanan

Lokasi yang aman dari tindak kejahatan tentu menjadi pertimbangan dalam menentukan tempat tinggal. Selain itu, diharapkan juga lokasi kos-kosan dan rumah sewa yang aman dari banjir atau longsor.

Perencanaan yang benar-benar matang sangat diperlukan dalam memulai usaha ini. Pelaksanaannya tidak terlalu merepotkan, tetapi jangan lupa untuk mengumpulkan data dari jumlah modal, sumber modal, pemasukannya per-bulan dan perhitungkan berapa lama modal akan kembali. Bila lokasi yang anda miliki cukup strategis maka bisnis ini memiliki peluang yang bagus untuk kedepannya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

 

Baca Juga:

Paus Fransiskus: Legalisasi Narkoba Bukan Solusi

Korea Utara Ultimatum Amerika Karena The Interview

Jeffrey Kairupan: Awal Buruk Bisa Berakhir Mulia

Kalah Taruhan Bola, Mahasiswa Bunuh Diri di Kampus

Menang atas Nigeria, Messi Berasal Dari Jupiter?



Sumber : Berbagai sumber by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami