6 Gizi Penting Untuk Mata

Gizi & Nutrisi / 27 June 2014

Kalangan Sendiri

6 Gizi Penting Untuk Mata

Budhi Marpaung Official Writer
6108

Mata adalah salah satu organ penting bagi manusia. Oleh sebabnya kita perlu menjaganya dengan baik. Salah satu yang bisa dilakukan agar mata tetap indah dan bercahaya adalah dengan cara memberinya “makan”.

Bukan hanya vitamin A, tetapi mata juga membutuhkan sejumlah gizi lain supaya sehat senantiasa. Berikut adalah gizi-gizi yang dimaksud:

- Lutein dan Zeaksantin                     

Dua jenis antioksidan ini memiliki kemampuan untuk mengurangi risiko penyakit mata kronis termasuk katarak dan AMD. Adapun sumber lutein bisa didapatkan dari cabai atau paprika kuning, mangga, bayam, brokoli, sawi. Sementara sumber zeaksantin bisa diperoleh dari paprika jingga, brokoli, jagung, lettuce, bayam, buah asam, jeruk, dan telur.

- Vitamin C

Selain mempertahankan kondisi tubuh, vitamin C juga bisa menurunkan risiko terjadinya katarak dan memperlambat perkembangan AMD serta hilangnya ketajaman visual.  Beberapa buah mengandung vitamin C yang bagus untuk mata antara lain jambu biji, jeruk, bayam, pisang, apel, tomat, pepaya, nenas, dan blewah.

- Vitamin E

Meski sering disebut-sebut sebagai vitamin untuk kulit dan tulang, vitamin E ternyata juga dapat melindungi sel-sel mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Beberapa buah atau sayuran sumber vitamin E antara lain almon, kacang tanah, ubi jalar, bayam, dan paprika.

- Asam lemak esensial (Omega-3)

Zat yang satu ini bermanfaat untuk membantu pemeliharaan sistem saraf, memberi energi bagi sel-sel dan meningkatkan sistem imun. Beberapa sumber omega-3 adalah ikan salmon, tuna, kakap, makarel, bilis, dan tahu.

- Zinc

Biasa disebut juga molekul penolong, zat ini memiliki peranan mengangkut vitamin A dari hati ke retina untuk memproduksi melanin, pigmen pelindung di mata. Sejumlah makanan yang mengandung zinc antara lain daging sapi, lobster, udang, telur, salmon, susu, dan oat.

- Sulfur

Zat ini memiliki manfaat yakni membantu menjaga lensa mata tetap kuat. Anda bisa mendapatkan zat ini di bawang putih dan sayuran keluarga kol.

 

Walau pun ada beberapa zat yang terasa asing di telinga, tetapi bukan berarti susah memenuhinya. Justru banyak dari asupan yang tertera di atas bisa ditemukan di pasar – tradisional maupun modern sekalipun. Dengan kata lain, tidak ada alasan berkata sulit memenuhi apa yang dibutuhkan oleh mata Anda.

Akhir tulisan, selamat mengonsumsi dan memiliki mata sehat dalam jangka waktu yang lama.

 

Baca juga:

Ibu Bermata Satu

Pentingnya Saat Teduh

Thread Forum JC: Nobar Piala Dunia 2014

Seperti Bapa Tak Memberi Batu, Karya Jazzy Jonathan Prawira yang Tak Maksa

Sumber : kompas.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami