Untung Menggiurkan, Pilih Bisnis Sewa Rumah atau Kos-kosan?

Untung Menggiurkan, Pilih Bisnis Sewa Rumah atau Kos-kosan?

Lori Official Writer
12023

Sebagai bentuk bisnis properti, dua bisnis seperti menyewakan rumah kontrakan dan kos-kosan memebri peluang besar untuk digeluti. Kebutuhan tinggi terhadap rumah sewa dan kos-kosan yang terletak di lokasi yang terletak di kawasan yang dekat dengan perkantoran, pusat perbelanjaan atau kampus.

 

Kendati menjanjikan peluang investasi yang menjanjikan, kedua bisnis ini tetap saja punya sisi kelebihan dan kekurangannya. Bagi Anda yang akan serius menggeluti bisnis ini, maka cermati terlebih dahulu sisi kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

 

Rumah Sewa

 

#Kelebihan

 

Tingginya permintaan menjadi keunggulan bisnis ini. Selain itu, rumah sewa bersifat jangka panjang. Artinya, aset rumah kosong yang sudah lama Anda tidak tempati dapat disewakan.

 

Dari segi harga, kenaikan sewa rumah akan meningkat seiring dengan naiknya pasaran rumah. Kenaikan itu bisa mencapai 5% per tahunnya. Misalnya, bila harga rumah Anda adalah Rp600 juta, maka harga sewanya pertahun dapat menjadi Rp30 juta per tahun.

 

Berbeda pula harga yang Anda pasang bila rumah sewa terletak di kawasan padat penduduk. Kenaikan nilai sewa dapat mencapai 15%, sesuai dengan hukum permintaan bahwa harga permintaan berbanding lurus dengan harga permintaan.

 

#Kekurangan

 

Sebagai penyewa rumah, Anda diminta untuk selektif dalam memilih penyewa terpercaya. Tak jarang banyak penyewa yang justru malah merusak properti Anda atau malah tidak bertanggung jawab.

 

Sementara lainnya, pemilik rumah masih perlu menyediakan dana perawatan rumah sebab sebagian besar penyewa tetap menuntut pemilik bila rumah yang ditemukan mengalami kerusakan. Lainnya, harga cenderung lebih rendah dari kos-kosan lantaran harganya sudah ditentukan per jangka waktu yang ditentukan tanpa biaya tambahan apapun.

 

 

 

Kos-kosan

 

#Kelebihan

 

Dibanding dengan rumah sewa, kos-kosan atau indekos terbilang lebih menguntungkan dalam hal harga. Sebab permintaan yang lebih besar sebab memberi tambahan pelayanan. Peluang besar kos-kosan meliputi kawasan strategis yang dekat dengan kampus, sekolah atau perkantoran.

 

Dari segi harga sewa, bisnis kos-kosan terbilang jauh lebih tinggi dari rumah sewa dengan perbandingan kenaikan sewa kos hingga 5-7% dari rumah sewa.

 

#Kekurangan

 

Meski memiliki keuntungan yang lebih besar, namun kos-kosan juga memiliki kekurangan tersendiri. Diantaranya, pemilik kos harus menyediakan pekerja untuk mengurus dan memberi pelayanan kepada anak kos. Selain itu, pembayaran juga kadang kala terlambat dengan beragam alasan lantaran pembayarannya yang bersifat bulanan.  

 

Dari penjelasan si atas, maka kita dapat menyimpulkan bahwa setiap usaha apapun yang kita jalani, tidak akan terlepas dari dua sisi tersebut. Namun, hal terpenting yang perlu kita simak adalah bagaimana strategi usaha yang kita lakukan agar usaha tersebut terus berjalan dengan kerugian yang seminimal mungkin.

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Tiga Kesalahan Penyebab Besarnya Pengeluaran Bisnis

Jarak Rumah-Kantor Pengaruhi Produktivitas Kerja

Ruhut Mendukung, Jokowi: Pasti Ada Maunya

 

Jokowi: Tarawih Nomor Satu, Presiden Nomor Dua

 

Ahok: Capres Kita Makin Bagus Debatnya

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls

Ikuti Kami