5 Cara Menghindarkan Anak Dari Kekerasan Seksual

5 Cara Menghindarkan Anak Dari Kekerasan Seksual

Budhi Marpaung Official Writer
6644

Hingga kini, anak-anak masih menjadi kelompok masyarakat yang rentan menerima perlakuan buruk dari sekitarnya. Tidak hanya di rumah, di lingkungan sekeliling yang seharusnya aman pun anak-anak berulang kali mengalami atau melihat sikap dan tindakan yang seharusnya tidak ditunjukkan kepada mereka.

Salah satu perlakuan buruk yang berpotensi dialami oleh anak-anak adalah kekerasan seksual dari orang-orang yang lebih dewasa darinya. Sebagai orang tua, kita perlu membekali buah hati kita dengan pendidikan yang benar – yang tentunya sesuai dengan usia dia saat ini.

Berikut adalah lima cara menghindarkan anak dari kekerasan seksual:  

1.  Tidak Boleh Ada Rahasia

Ajarkan si kecil terbuka menyampaikan perasaannya, saat senang, sedih, takut dan gembira. Jika diperlakuan tak senonoh maka dia akan bercerita.

2. Jangan Kenakan Aksesoris Nama

Hindari aksesoris tertulis nama anak. Bisa saja orang tak dikenal menghampiri, lalu menyebutkan namanya seolah-olah kenal lalu menculiknya.

3. Ajarkan Menjaga Organ Tubuh

Katakan pada anak organ intim mereka tidak boleh dipegang sembarang orang. Jika ada yang memegangnya ajarkan berteriak atau lari.

4. Ajarkan Jangan Percaya Orang Asing

Ceritakan kepada si kecil agar berhati-hati bila bertemu dengan orang yang tidak dikenal dan jangan mau menerima apapun dari orang asing.

5. Mencari Perlindungan

Berikan pemahaman siapa saja orang yang dipercaya dan bisa melindunginya. Serta orang-orang yang bisa dimintai bantuan, misalnya guru yang menurutnya baik dan polisi.

Namun perlu diingat bahwa potensi anak menjadi salah satu korban pelecehan seksual orang dewasa di sekitarnya tetap ada. Di tengah keterbatasan diri menjaga anak yang dititipkan Sang Pencipta maka menyerahkan anak kita kepada Tuhan di dalam doa hari demi hari adalah salah satu tindakan tepat, yang tidak boleh dilupakan begitu saja.

Selamat mempraktikkan!

 

Baca juga: 

Dasar Alkitab Untuk Mendidik Anak

Imago Zuper Deal

Lagu Tuhan Pasti Buka Jalan Stefano Sanjaya, Memang Beda!

Keteladanan Hidup Sara, Istri Abraham

Kopi Darat Forum JC 3 Mei 2014

Paskah Setiap Hari

Sumber : jpnn.com, jawaban.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami