Ini Cara Menyikapi Anak Tipe Pemalu dan Tertutup

Ini Cara Menyikapi Anak Tipe Pemalu dan Tertutup

Lori Official Writer
19232

Setiap anak punya karakter dan kepribadian yang berbeda-beda, ada yang suka berbicara, cerita, bersikap ingin tahu, pemberani, pendiam, pemalu bahkan penakut. Dari antara banyaknya karakter anak, sikap pendiam dan tertutup menjadi salah satu karakter yang agak sulit dipahami dan diselami.

Anak pendiam biasanya akan menghadapi persoalan dalam pergaulan dan juga interaksi dengan anak lainnya lantaran lebih cenderung menikmati dunianya sendiri dan sulit membuka diri. Tentunya orang tua patutnya menyadari kepribadian anak bertipe ini  dan berperan untuk membantu anak keluar dari zonanya tersebut.

Adapun cara yang patut dilakukan para orang tua kepada anak bertipe pemalu dan tertutup ini adalah:

Ajak anak untuk bersosialisasi

Sekalipun anak yang tertutup tidak menyukai lingkungan ramai, orang tua patut mengajaknya untuk bersoasialisasi dengan orang lain secara intens. Misalnya dengan berkunjung ke rumah keluarga, tetangga atau acara-acaraulang tahun dan sebagainya. Sikap tertutupnya pasti akan berkurang ketika anda kerap membawanya berkenalan dengan orang-orang baru.

Kembangkan bakatnya

Anak-anak yang tertutup biasanya akan lebih cenderung tidak suka tampil di depan publik dan mendapat perhatian banyak orang. Dari itu, coba perhatikan bakat anak-anak anda dan dorong dia untuk semakin mengasah kemampuan itu. Bisanya anak tipe ini cenderung lebih menyukai melukis dan bermain piano. 

Tuntun anak untuk bebas memilih

Sikap orang tua yang terlalu overprotektif atau keras terhadap anak ternyata dapat berakar pada perubahan perilaku anak. Dari itu, biasakanlah mendidik anak dengan memberi pilihan bebas dalam menentukan sendiri apa yang mereka inginkan dan mau menyampaikan secara bebas kepada anda.

Buat waktu khusus untuk anak

Tak dimungkiri kesibukan kerja di kota-kota besar akan rentan menyita waktu kebersamaan orang tua dengan anak. Dengan itu buatlah waktu khusus anda dengan anak, sebab bagi anak yang tertutup, momen kebersamaan yang diisi dengan bercerita, bercanda dan berbincang tentang sekolah dan teman-temannya akan memancingnya untuk lebih terbuka.

Bimbing anak untuk memiliki kepercayaan diri

Banyak dari anak bertipe pemalu dan tertutup merasa kurang percaya diri, membandingkan diri dengan orang lain dan menganggap diri tidak lebih dari orang lain. Orang tua sepatutnya memberinya dukungan dan motivasi berupa pujian dan apresiasi atas nilai-nilainya di sekolah serta meyakinkan bahwa ia dapat melakukan banyak hal.

Didikan orang tua sangat bergantung pada kepribadian anak. Dari itu, orang tua menjadi orang terdekat yang dapat membantu anak pemalu dan tertutup untuk keluar dari zonanya dan dapat membangun hubungan sosial yang baik dengan orang lain.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Didik Anak Anda Menabung Sejak Dini!

Tindakan Orang Tua yang Disesalkan kepada Anak

5 Pelajaran Cinta dari Ibu Kepada Putrinya

Waspadalah Saat Anda Jadi Ibu yang Dominan

Bentuk Cinta Orang Tua yang Dibutuhkan Anak

Sumber : Bidanku.com/jawaban.com/ls

Ikuti Kami