Tindakan Orang Tua yang Disesalkan kepada Anak
Sumber: Republika.co.id

Parenting / 27 February 2014

Kalangan Sendiri

Tindakan Orang Tua yang Disesalkan kepada Anak

Lori Official Writer
7064

Tak hanya anak atau pasangan yang dapat melukai perasaan, namun juga tak jarang orang tua kepada anaknya. Sikap orang tua yang tidak memahami kebutuhan anak kerap kali melukai perasaan anak hingga menimbulkan kebencian yang berakar di dalam diri anak.

Orang tua mungkin tak sadar, namun penulis selaku anak juga sudah pernah merasakannya. Tindakan apa saja yang kerap disesali para orang tua terhadap anaknya?

Mendisiplinkan anak dengan kekerasan

Tak sedikit dari orang tua temperamental lebih memilih memberlakukan anak dengan cara kasar, seperti memukul atau mempermalukan secara fisik. Namun sadakah anda bila hal itu membuatnya menjadi seorang yang keras atau bahkan penakut. Tindakan itu akan menumbuhkan kebencian di dalam dirinya terhadap anda. Bertindaklah bijak sebagai orang tua, misalnya dengan mendidiknya dengan cara dewasa.

Overprotective

Mungkin anda akan menyadari tindakan anda nanti ketika anak anda bertumbuh menjadi seorang pemberontak dan tak lagi mendengar setiap nasehat anda. Tindakan overprotektif andalah yang mengubahnya demikian keras.

Menghukum anak saat sedang marah

Ingatlah para orang tua, anda akan merasakan penyesalan yang mendalam ketika anda menghukum anak ketika dalam keadaan marah. Saat emosi anda meninggi, orang tua akan kerap melontarkan kata-kata yang cenderung menghakimi dan menyakiti, bukannya malah menjadikan anak sadar malah itu akan sangat melukainya.

Memberi label kepada anak

Perkataan menjadi senjata tajam yang dapat melukai perasaan. Orang tua yang kerap melabeli anak dengan berbagai julukan akan mematikan karakter anak. Anak seharusnya mendapat perkataan yang mampu membangun rasa percaya diri mereka sebagai dukungan dari orang tua yang mengasihinya. Tak diragukan bila anda akan menyesali sikap ini ketika anak tidak bertumbuh dengan baik dimasa dewasanya.

Bila anda tak ingin menyesali dampak buruk dari cara didik anda, maka berhati-hatilah memberlakukan anak. Sekalipun anak kerap berbuat kesalahan, bukan berarti anda memilih lebih mendidiknya dengan keras. Cobalah dengan tindakan yang lebih bijak seperti dengan berkomunikasi dan memberinya pemahaman.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Tipe Tontonan yang Tak Baik Buat Anak

Bentuk Cinta Orang Tua yang Dibutuhkan Anak

Waspadalah Saat Anda Jadi Ibu yang Dominan

Anak Telat Menikah, Bagaimana Menyikapinya?

The Art Of Marriage

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami