Jelang Pemilu, PGI Imbau Gereja Hindari Politik Uang

Jelang Pemilu, PGI Imbau Gereja Hindari Politik Uang

Lori Official Writer
3688

Masa kampanye menjelang Pemilu 2014 menjadi momen rentannya politik uang oleh calon legislatif (caleg) dan partai politik (parpol) tertentu demi menarik simpati pemilih. Dari itu, Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) mulai menghimbau agar pihak pegurus dan jemaat gereja seyogianya menghindari diri dari jebakan politik praktis tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Eksekutif Bidang Adiakonia PGI Jeirry Sumampow, saat berada di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat, Selasa (18/3). “PGI mendorong gereja tidak terlibat politik praktis. Apalagi meminta uang dari caleg atau parpol. Tak etis bagi gereja dan para pendeta melakukan itu. Gereja harus berdiri di tengah kepentingan umat”.

Jerry mengaku menemukan fenomena pemanfaatan gereja oleh parpol dan caleg. Ada gereja yang tidak sadar, ada yang sudah sadar dan saling memanfaatkan. Meski ada pula yang tetap bersikap netral.

Untuk itu, Jeirry menyampaikan bahwa PGI tengah bekerja memberikan pendidikan politik kepada jemaat, majelis pengurus gereja dan pendeta untuk mencegah penyusupan politik praktis ke dalam gereja-gereja. PGI juga disebut akan turut serta memberi pengawasan kepada para caleg dan parpol agar tetap mengikuti jalur politik yang berlaku.

Bukan rahasia bila sejumlah calon pemimpin memilih untuk menarik simpati para pemilih dengan praktik uang. Dengan itu, sebagai anggota tubuh Kristus, pihak gereja diharapkan untuk tidak kompromi terhadap tindakan yang berseberangan dengan kebenaran dan hukum yang berlaku.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Ketua PGI: Banyak Orang Kristen Belum Menampakan Terang

Sekum PGIW Jabar : Umat Kristiani Jangan Sampai Golput

Crimea-Rusia Bersatu, Amerika Protes

Pujian Jusuf Kalla untuk Jokowi

Semua Capres & Cawapres akan Dikawal Polisi

Sumber : Kompas.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami