Punya Istana Mewah,  Presiden Ukraina Dituding Korupsi

Punya Istana Mewah, Presiden Ukraina Dituding Korupsi

Lori Official Writer
4916

Setelah diberhentikan dari jabatan dan kabur meninggalkan Ukraina sejak Sabtu (22/2), Viktor Yanukovych ternyata meninggalkan istana mewah yang terletak di Mezhyhirya, sekitar 21 kilometer dari Kiev. Harta ini banyak dituding sebagai hasil korupsi di masa pemerintahannya.

Sejak ditinggal, rumah seluas 345 hektare ini ditinggalkan tanpa penjaga. Sehingga ribuan orang bebas masuk dan menyaksikan kemegahannya. Di dalamnya terdapat toilet berlapis emas dan belasan koleksi mobil di garasi. Tak hanya itu, terdapat danau buatan, kebun binatang pribadi dengan beragam jenis binatangnya.

“Setelah menjabat untuk waktu yang lama, saya ingin melihat bagaimana Yanukovich menghabiskan uang kita,” kata Mikhail Nikolechyck yang datang khusus untuk menyaksikan isinya, seperti dilansir Tempo.co, Senin (24/2).

Bila diperkirakan, seluruh aset itu setara dengan 100 juta dollar Amerika Serikat. Saat ini rumah itu sudah berada di tangan pemerintah. Belum diketahui untuk apa lahan itu nantinya dipergunakan, namun sebagian berpendapat agar diubah menjadi rumah sakit anak-anak atau sebagai panti asuhan.

Viktor Yanukovych sudah menjabat selama empat tahun sebagai Presiden Ukraina. Namun sejak menolak menandatangani pakta perdagangan dengan Uni Eropa, unjuk rasa besar-besaran pun terus bergulir hingga saat ini. Sejak dipecat pada Sabtu (22/2) pekan lalu, Yanukovych dikabarkan meninggalkan Ukraina dan belum diketahui keberadaannya hingga kini.

Sudah menjadi hal lazim bila seorang pemimpin negara yang hidup dalam kelimpahan harta benda menjadi sorotan besar rakyatnya. Sebab menjadi pemimpin adalah bagaimana kita dituntut untuk menjadi hamba dan mampu menjamin kesejahteraan rakyatnya.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Asyik! Bus Wisata Jakarta Mulai Beroperasi

Gereja-gereja Katolik Gelar Ibadah Bagi Korban Berdarah Ukraina

Konflik Membara, Pemimpin Dunia Desak Genjatan Senjata Ukraina

Paus : Semua Pihak di Ukraina, Hentikan Kekerasan!

Berkat Tuhan Saat Menjadi Mitra CBN

Sumber : Tempo.co/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami