5 Trik Mengajarkan Makna Natal Kepada Anak
Sumber: Google

Parenting / 18 December 2014

Kalangan Sendiri

5 Trik Mengajarkan Makna Natal Kepada Anak

Theresia Karo Karo Official Writer
6453
Yang saya inginkan saat Natal adalah kado Natal yang terbungkus dengan rapi di bawah pohon Natal. Mainan PlayStation terbaru, gadget, dan beragam produk keluaran terbaru.

Inilah yang seringkali mengalihkan perhatian kita dari makna Natal sebenarnya. Sangat mudah bagi kita untuk kehilangan fokus pada Yesus, dengan berkonsentrasi pada hadiah, pesta, dekorasi, dan bersenang-senang. Apabila orang dewasa saja gampang tenggelam dalam perayaan Natal, apalagi anak-anak. Dimana mereka dengan mudahnya tertarik masuk ke dalam kesenangan dan misteri akan Sinterklas. Namun Anda dapat mengajari anak-anak Anda akan makna Natal yang sebenarnya. Masukkan beberapa ide ini ke dalam perayaan Natal Anda tahun ini.

Miliki Kisah Natal Di Malam Hari
Perpustakaan dan toko buku penuh dengan buku-buku Natal – Anda dengan mudahnya dapat menemukan cukup buku untuk dibaca setiap malam selama bulan Desember. Pilihlah buku yang menceritakan kisah kelahiran Yesus daripada cerita Sinterklas, Rudolph, atau Frosty.

Jadikan saat membaca buku sebagai waktu khusus setiap malam, mungkin dengan meringkuk di depan pohon Natal dan membaca dengan cahaya lilin atau lampu senter dengan secangkir coklat panas di tangan. Pada malam Natal, bacalah kisah kelahiran Yesus langsung dari Alkitab pada kitab [kitab]lukas[/kitab].
Baca juga :
David Blunkett: Makna Natal Hilang di Tengah Kemewahan

Inilah Makna Natal yang Sesungguhnya


Berbagi Melalui Memberi
Kesempatan untuk memberi seringkali terbuka lebar saat Natal. Mungkin gereja Anda memiliki ‘Angel Tree’ dimana Anda dapat memilih seseorang untuk diberikan hadiah. Jika tidak, sebagian besar mall memiliki pohon Natal atau Anda dapat menghubungi agen pelayanan sosial di kota Anda. Anak-anak khususnya sangat menikmati saat mereka memilih hadiah untuk anak lain yang seusia dengan mereka. Saat Anda membeli hadiah itu bersama anak Anda, ceritakan bagaimana senangnya penerima hadiah itu nantinya. Ceritakan bagaimana Yesus merupakan hadiah bagi kita dan bagaimana kita dapat membagikan kasih-Nya kepada orang lain.

Adakan Pesta Ulang Tahun Untuk Yesus
Meskipun 25 Desember bukanlah tanggal sebenarnya dari kelahiran Yesus, namun hari itu adalah hari kita merayakan kelahiran-Nya. Jadi kenapa kita tidak mengadakan pesta ulang tahun sebagai bagian dari perayaan kita. Pesta ini dapat berbentuk sederhana seperti kue ulang tahun sebagai bagian dari makan malam Anda bersama dengan anak-anak yang diisi dengan permainan, makanan dan barang-barang yang akan Anda sumbangkan.

Belilah Hiasan Kelahiran Yesus Yang Dapat Dimainkan Anak Anda
Anda mungkin memiliki hiasan kelahiran Yesus yang menjadi bagian dari dekorasi Natal Anda – dan jelas Anda tidak ingin anak-anak Anda bermain dengan hiasan ini! Namun Anda dapat membeli versi plastiknya dan membiarkan anak-anak Anda memainkan lakon kisah Natal ini. Atau mungkin anak-anak Anda dapat membuat sendiri permainan kelahiran itu dengan menggunakan sendok kayu, tanah liat, tabung karton, dan lain sebagainya. Banyak ide brilian tersedia di internet maupun di buku kerajinan khusus anak-anak.

Baca juga : 
Serunya Ngobrol Bareng Choky Sitohang! Ini Lho Ternyata Arti Natal Buat Seorang Choky

Pilihlah Musik Natal Religius

Anak-anak mencintai musik dan dapat belajar banyak dengan mendengarkannya. Lagu-lagu seperti ‘Rudolph’ dan ‘Jingle Bells’ memang menyenangkan, tapi anak-anak Anda akan menyerap makna Natal yang sebenarnya jika Anda fokus pada musik-musik Natal yang menceritakan tentang Yesus.

Anda juga dapat mendorong anak Anda untuk berpartisipasi dalam kontes Natal di gereja Anda atau melakukannya sendiri dengan teman-teman mereka.

Kamu diberkati dengan artikel di atas? Yuk, bersama Jawaban.com memberkati lebih banyak orang dengan mendonasi Rp.100.000.- saja. KLIK DISINI UNTUK DONASI.
Sumber : Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami