Strategi Jitu Jalankan Food Truck
Sumber: KOMPAS/PRIYOMBODO

Entrepreneurship / 17 December 2014

Kalangan Sendiri

Strategi Jitu Jalankan Food Truck

Theresia Karo Karo Official Writer
9398
Bisnis food truck mungkin masih jarang kita temui di Indonesia. Namun, di luar negeri sudah banyak yang mengadopsi bisnis dengan model ini. Karena dianggap lebih leluasa dalam ‘jemput’ pelanggan. Selain itu, pengusaha tidak perlu repot mengemas barang dagangannya bila sudah selesai dan dengan food truck juga bisa berpindah-pindah tempat dengan mudah.

Apalagi bila kita kesulitan mencari tempat permanen untuk memasarkan produk, maka food truck bisa menjadi salah satu solusinya. Teddy Hendriadi, seorang pakar pemasaran mengungkapkan kesuksesan dari bisnis ini, yakni selain dari kualitas rasa kuliner yang disajikan, juga ditentukan oleh strategi pemasaran, pemilihan lokasi, dan biaya.

Strategi Pemasaran
Berhubungan dengan budget yang terbatas, pemilik food truck harus kreatif dalam melakukan pemasaran. Maka dari itu manfaatkanlah media gratis yang juga mempunyai kekuatan pemasaran, seperti media sosial. Hanya dengan bermodalkan internet dan gadget, anda dapat menggunakan Facebook, Instagram, Path, Twitter, dan media sosial lainnya untuk menjalankan promosi. Banyak yang dapat dilakukan, mulai dari sekedar pengumuman, kuis, hingga event berhadiah hidangan lezat dari food truck anda.

Strategi Pemilihan Lokasi
Menurut Teddy pelaku bisnis food truck memiliki dua pilihan, yakni menempati lokasi yang sudah ramai atau membuat lokasi menjadi ramai. Tentunya, perbedaan kedua tempat tersebut terletak pada ketersediaan lahan dan harga sewa lahan. Logikanya, tempat yang sudah ramai pasti jarang ada yang kosong atau harga sewa lahan yang cukup tinggi. Ada baiknya prediksi pengeluaran dengan capaian target penjualan, sehingga dapat terhindar dari kerugian.

Bila memilih lokasi yang belum ramai, anda dapat menggunakan strategi dengan mengumpulkan para pengelola food truck atau bazaar untuk bersama meramaikan lahan tersebut. Ingatlah bahwa dengan usaha lebih, maka keuntungan juga akan berlipat.

Strategi Biaya
Tentukan pilihan pada food truck yang sesuai kebutuhan anda. Bila menggunakan food truck berukuran besar, maka akan semakin besar biaya yang dikeluarkan. Diantaranya harga unit truk, biaya perawatan, pajak, dan bahan bakar yang digunakan. Ukurannya yang besar juga berimbas pada pemilihan lokasi dan harga sewa lahan. Untuk itu pertimbangkan dengan matang pilihan anda untuk terhindar dari pemborosan.

Sumber : Kompas/Readersdigest.co.id by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami