7 Rahasia Sukses Wirausahawan
Sumber: Google

Entrepreneurship / 8 October 2014

Kalangan Sendiri

7 Rahasia Sukses Wirausahawan

Theresia Karo Karo Official Writer
4547
Irwan Hidayat (Sido Muncul), Donny Pramono (Sour Sally), Joseph Theodorus Wulianadi (Joger) adalah sebagian dari wirausahawan dalam negeri yang sukses di segmen usaha masing-masing. Kesuksesan yang mereka raih bukan sesuatu yang instant, setiap nama yang disebutkan tadi memiliki proses masing-masing dalam mencapai sukses.

Penting untuk diketahui bahwa menjadi wirausahawan sukses, bukan berarti anda harus menjadi Tipe A. Maksudnya adalah seseorang yang ambisius, hyperorganized workaholic atau ekstovert untuk memulai bisnis agar sukses. Karena ada sifat-sifat tertentu yang mampu mendorong jiwa usahawan. Pengusaha dapat dibimbing untuk menjadi sukses, yakni dengan memanfaatkan atribut penting.

Analisis dari 23 studi penelitian yang diterbitkan dalam judul “The Big Five Personality Dimensions and Entrepreneurial Status” mengemukakan bahwa pengusaha memiliki ciri yang berbeda dari manajer perusahaan. Dilansir dari situs Entrepreneur, berikut tujuh sifat yang dimiliki pengusaha sukses:

Ultramarathon
Maksudnya di sini adalah setiap usahawan harus ulet. Dalam memulai bisnis, maka anda harus mampu bertahan hidup dalam ketidakpastian dan bersedia melalui hambatan selama bertahun-tahun. Begitu pula saat kegagalan terjadi anda harus berani untuk memulai dari awal lagi. Keputusan anda saat ini sangat mempengaruhi kehidupan anda kedepannya.

Bukan Masalah Uang
Bukan masalah seberapa besar uang yang mampu anda hasilkan, melainkan bagaimana gairah anda dalam menyukseskan produk dan jasa. Nanti, akan ada saat anda memiliki kesempatan memecahkan masalah dan membuat hidup menjadi lebih mudah dan lebih baik. Profesor bisnis di Collage of the Atlantic dan di Babson College, Jay Friedlander menyebutkan bahwa sebagian besar pengusaha mampu mengubah dunia. “Ada kegembiraan dan keyakinan dalam apa yang mereka lakukan, bahwa mereka (sukses) melalui masa-masa sulit.”

Kelola Rasa Takut
Termasuk dalam hal pengambilan resiko, kemampuan menahan rasa takut dan ketidakpastian atas potensi kegagalan. Kemampuan dalam mengendalikan rasa takut adalah sifat yang paling penting dari semuanya. Misalnya, takut penghinaan, takut gaji lenyap, kehabisan uang tunai, bangkrut dan lain sebagainya. Ini adalah bagian dari tes mental dari kewirausahaan. Pilihannya adalah anda dapat pergi dengan rasa takut dan berhenti atau terus melalui medan perang mental tersebut.

Peka
Salah satu ciri yang mendefenisikan kewirausahaan adalah jeli melihat kesempatan dan mampu membayangkan sesuatu yang orang lain tidak sadari. Tingginya rasa ingin tahu, menempatkan orang-orang dengan sifat ini berada di garis depan inovasi dan mampu mengkomunikasikan visi yang efektif bagi investor, pelanggan, dan staf.

Percaya Diri
Anda harus yakin bahwa produk anda adalah sesuatu yang dibutuhkan dunia. Namun jangan lupakan, bahwa saat anda bersedia mengambil resiko, anda harus bersikap konservatif terhadap barang dan jasa yang anda tawarkan.

Mampu Beradaptasi

Keberlangsungan bisnis tergantung pada kemampuan anda dapat beradaptasi dalam merespon perubahan selera dan kondisi pasar. Termasuk kemauan jujur dengan diri sendiri dan berkata bahwa hal tersebut tidak bekerja sehingga anda harus menunggu.

Melanggar Aturan
Melalui sebuah survei yang dilakukan oleh Ross Levine dari University of California, Berkeley dan Yona Rubinstein dari London School of Economics mengemukakan bahwa, beberapa pengusaha tergabung dalam kombinasi dari kecerdasan dan “agresifitas terlarang”. Ini merupakan bagian dari pengambilan risiko kegiatan.

Menurut Babson College, dalam memulai bisnis terdapat 13 persen orang Amerika yang melanggar aturan. Melakukan apa yang tidak dilakukan orang adalah kriteria dari para entrepreneur sukses. Hal ini paling sering muncul dari dalam diri pemuda sebagai perilaku pemberontak.
Sumber : Jawaban/Sindonews.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami