Sering Menguap? Ini yang Terjadi dalam Tubuh Anda

Sering Menguap? Ini yang Terjadi dalam Tubuh Anda

Lori Official Writer
5091
Menguap atau dalam bahasa medis disebut brainstem-mediated bodily response. Wajar bila seseorang akan menguap saat bangun tidur di pagi hari sebagai reaksi otak masih dalam kondisi setengah sadar. Tetapi di lain sisi, menguap bisa terjadi saat tubuh merasa bosan dan lelah.

Para pakar medis mengungkapkan, reaksi menguap adalah salah satu tanda bahwa jumlah oksigen di otak menurun sehingga wajar bila seseorang akan merasa kehilangan konsentrasi. Namun akan berdampak fatal bila menguap secara berlebihan dalam frekuensi antara 1-4 kali per menit. Kondisi demikian sangat perlu diwaspadai sebagai gejala adanya penyakit serius dalam tubuh.

“Menguap yang tidak berhubungan dengan rasa kantuk juga bisa terjadi. Dalam istilah medis disebut dengan reaksi vasogal, yaitu reaksi saraf vagus pada pembuluh darah yang mungkin terjadi karena masalah jantung,” ungkap Dr Linda Friedland, pakar kesehatan dan penulis dari The Ultimate Guide to Family Health.

Kondisi lainnya juga bisa disebabkan oleh penyakit multiple sclerosis (melibatkan disfungsi thermoregulatory), migrain dan kejang epilepsi. “Orang-orang yang memiliki penyakit saraf seperti multiple sclerosis dan amyotropic lateral sclerosis (ASL) akan menguap lebih sering dari orang normal,” ujar Prof DR. Dr. Moh. Hasan Machfoed, Sp.S(K), MS, spesialis saraf dari RS Soetomo Surabaya.

Bagi penderita tekanan darah rendah juga sangat rentan menguap secara berlebihan karena semakin sedikit darah yang dipompa ke jantung, maka akan semakin rendah pula tekanan darahnya. Akibatnya, jantung atau otak akan kekurangan pasokan oksigen  dan mulai menunjukkan reaksi seperti menguap, pusing dan lelah. Penyakit lainnya yang dikaitkan dengan menguap berlebihan adalah infeksi saluran kencing akibat kontaminasi bakteri Escherichia Colli.  

Namun gaya hidup yang buruk kemungkinan besar juga menyebabkan seseorang suka menguap. Misalnya seperti suka begadang hingga larut malam, terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat (nasi putih, mie, kue-kue kecil atau roti). Sedang pakar menyebutkan bahwa mengkonsumsi kafein terlalu banyak juga akan dapat menyebabkan tubuh semakin letih dan rasa kantuk yang semakin menjadi.

Nah, apakah Anda suka menguap meski sudah menerapkan pola hidup sehat? Bila demikian, segera periksakan diri ke dokter untuk menghindari kemungkinan buruk yang tengah menyerang tubuh Anda secara diam-diam. Salam sehat!

Sumber : Duniafitnes.com/Kompas.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami