Awas, Insomnia Picu Penyakit Jantung Pada Wanita
Sumber: emilyscarenhealth.wordpress.com

Psikologi / 22 June 2013

Kalangan Sendiri

Awas, Insomnia Picu Penyakit Jantung Pada Wanita

daniel.tanamal Official Writer
4509

Hasil penelitian yang dipublikasikan secara online dalam Journal of Psychiatric Research, mengemukakan bahwa sulit tidur pada malam hari atau insomnia bagi wanita bisa berbahaya. Sebab, hal itu bisa memicu penyakit jantung. 

Dilansir Dailymail, Jumat (7/6), dijelaskan bahwa wanita yang sering kurang tidur atau insomnia meningkatkan risiko penyakit jantung. "Sekarang kita memiliki bukti bahwa kurang tidur bukan masalah sepele, lebih dari itu, sulit tidur ternyata dapat membuat wanita berisiko mangidap penyakit jantung,"  Dr Aric Prather, seorang psikolog kesehatan dan asisten profesor psikiatri di University of California, San Francisco.

Adapun hasil itu, merupakan upaya para peneliti dalam mengamati semua responden yang memiliki kantung koroner. Di mana mereka diwawancarai tentang bagaimana kualitas tidur mereka ketika pertama kali terdaftar sebagai responden, dan sampai lima tahun ke depan.
 
Kesimpulan penelitian itu menjelaskan, bahwa kurang tidur merupakan faktor risiko seorang wanita mengalami penyakit kronis, termasuk penyakit jantung koroner. Sementara itu, tak usah cemas menghadapinya. Sebab dengan kembali ke gaya hidup sehat dapat meningkatkan kesehatan dan memangkas risiko sebesar 80 persen selama periode delapan tahun. 

 


Sumber : Okezone
Halaman :
1

Ikuti Kami