Ayo, Coba Terapi Air !
Sumber: www.tribunnews.com

Fit & Charming / 11 December 2014

Kalangan Sendiri

Ayo, Coba Terapi Air !

Tiurma Ida Purba Official Writer
4341

Air adalah tanda sumber kehidupan bagi manusia. Manusia sangat membutuhkan air untuk mempertahankan hidupnya. Hal ini dibuktikan, banyak manusia yang mengalami penyakit karena kekurangan minum air putih. Kesibukan manusialah yang menyebabkan ketidakseimbangan hidup tidak terjaga.

Namun jangan khawatir, kini anda memiliki solusi untuk menghilangkan nyeri otot, sakit kepala, atau gangguan tidur. Caranya adalah dengan terapi air. Terapi air adalah cara relaksasi dengan memasukkan atau menenggelamkan semua organ tubuh atau bagian tertentu yang mengalami sakit ke dalam air.

Berikut ini beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan terapi air yaitu :

1.  Nyeri Otot

Pada tahun 2007 sebuah studi menyatakan dalam Journal of Strengh and Conditioning Research bahwa terapi air kontras ( panas dan dingin ) dapat meringankan nyeri otot. Caranya dengan merendam selama 3 menit bagian tubuh yang terasa nyeri otot dengan air hangat, lalu anda harus pindah  dan rendam selama 30 detik dengan  air dingin. Kemudian ulangi sebanyak dua kali dan bila sudah selesai bilaslah dengan air dingin.

 

2.   Sakit Kepala

Tidak sedikit orang yang mengalami sakit kepala, biasanya sakit kepala disebabkan karena melebarnya pembuluh darah ke otak. Ahli hidroterapi dan Canadian College of message and Hydrotheraphy, Jonathan Werynski menyatakan bahwa air dingin dapat menyembuhkan sakit kepala. Caranya dengan menyediakan air dingin dalam baskom lalu rendam tangan atau kaki dalam waktu 20 detik- 10 menit. Ini akan mengubah tekanan terhadap peredaran darah di otak. Bila anda mengalami ketegangan di leher dan bahu, maka ambillah handuk dan basahi dengan air panas, kemudian terapkan ke bahu dan leher untuk mengurangi rasa sakit atau tegang.

 

3.   Radang Sendi

Terapi air ternyata dapat mengurangi radang sendi dan meningkatkan mobilitas sendi pada penderita arthritis.  Hal ini dibuktikan oleh para ahli hidroterapi.Caranya dengan merendam bagian tubuh yang terpengaruh arthritis dengan air es, atau anda juga dapat mengompres bagian yang menderita radang sendi dengan handuk yang dibungkus es.

 

4.   Sinusitas

Sinusitas dapat diobati dengan air. Sinusitas adalah penyakit pembengkakan, peradangan yang melapisi sinus.  Sinus biasanya berisi cairan, udara, atau kuman yang mengarah kepada infeksi. Seorang ahli naturopati di Toronto, Meghan Bauer, menyatakan bahwa sinusitis dapat diobati dengan terapi air panas. Caranya adalah dengan membungkus diri dalam selimut lalu rendam kaki dengan air hangat (cukup panas). Kemudian kompreslah kepala dan bagian belakang leher menggunakan air dingin secara bersamaan, lalu bilaslah kaki setelah 10-30 menit.

 

5.   Gangguan Tidur

Sebuah penelitian Internal Journal of Nursing Studies menyatakan bahwa dengan mandi air hangat bisa meningkatkan kualitas tidur pada lansia bahkan menjadikan tidur lebih cepat bagi orang –orang yang menderita insomnia. Caranya : Berendamlah atau mandi dengan air hangat, kemudian anda harus menempatkan kain dingin di dahi atau belakang leher. Ini dapat mengatasi kelelahan dan memberikan efek tidur lebih cepat.


Bila anda memiliki salah satu penyakit diatas, cobalah untuk melakukannya. Lakukan secara rutin setiap minggu. Jika ada terapi air yang gratis dan dapat dilakukan sendiri, kenapa tidak dicoba? Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Sumber : berbagai sumber/by tiur
Halaman :
1

Ikuti Kami