Tidak Harus Unik, Kenali Ciri Ide Bisnis Hebat Berikut!
Sumber: Google

Entrepreneurship / 3 December 2014

Kalangan Sendiri

Tidak Harus Unik, Kenali Ciri Ide Bisnis Hebat Berikut!

Theresia Karo Karo Official Writer
5489
Bila ingin bisnis anda sukses, bukan sekedar ide unik yang dibutuhkan. Jangan sampai terlewat apakah ide bisnis anda cukup hebat? Apakah produk dan layanan dari bisnis tersebut diinginkan dan dibutuhkan oleh pasar?

Shreen Shermak, CEO Launch Angeles, mengatakan bahwa jika seseorang menciptakan solusi ketika tidak ada masalah, maka upaya pemasaran sehebat apapun tidak akan mampu menciptakan sebuah bisnis yang besar. Dilansir dari Marketing.co.id berikut empat pertanda yang bisa di jadikan acuan untuk mengetahui apakah ide bisnis kita cukup hebat.

Mampu Menjangkau Pasar Luas
Dikatakan hebat apabila ide bisnis anda dapat dengan mudah dikenali publik dan diidentifikasi. Shermak mengungkapkan bahwa hal ini dapat terwujud bila si pemilik ide mampu menggambarkan demografi pasar dan jumlah pasar yang cukup besar untuk memperoleh keuntungan berlipat.

Selain itu, ide bisnis dikatakan hebat bila produk atau layanan bisnis berlaku di pasar lainnya. Misalnya, ketika sebuah bisnis sukses di pasar ibukota, maka juga bisa berdampak sama pada pasar di kota lainnya.

Mampu Berkembang dan Menyebar dengan Cepat dan Mudah
Menurut konsultan startup dan host TechStartRadio, Wade Gilchrist, ide bisnis yang  membutuhkan waktu satu tahun atau lebih untuk berkembang, tidak termasuk dalam ide bisnis yang hebat. Terutama dengan lanskap teknologi yang berubah semakin cepat, sehingga menyebabkan peluang berhasil tidak mampu bertahan lama. Ide bisnis yang biasanya mudah berkembang, biasanya berupa barang konsumtif. Karena selalu dibutuhkan masyarakat dan paling banyak dicari masyarakat setiap harinya.

Passion
Dalam mengerjakan ide bisnis yang hebat, apakah pebisnis sudah menilik bagaimana hasrat dan semangatnya untuk mengembangkan usahanya? Karena ini merupakan langkah awal dalam menapaki kesuksesan sebah bisnis. Passionlah yang akan mendorong pelaku bisnis untuk bergerak maju.

Kemampuan Bersaing
Shermak mengungkapkan bahwa  keberadaan pesaing sudah menjadi pertanda bahwa ide bisnis yang digeluti adalah ide bisnis yang baik. Selain itu, kehadiran kompetitor juga menandakan bahwa pasar sebuah bisnis tersedia luas. Namun kehadiran kompetitor juga tidak lantas membuat bisnis berkembang. Bagaimana anda menunjukkan keunggulan pada eksekusi produk atau layanan akan menjadi faktor pendukung. Temukan cara atau strategi agar bisnis anda tetap berjalan meski terdapat pesaing.

Apa selama ini anda merasa bahwa ide bisnis anda tidak unik? Perhatikan kembali, apakah terdapat ciri diatas dalam ide bisnis anda? Bila benar ada, maka percaya dirilah bahwa bisnis anda juga memiliki potensi untuk sukses. Karena untuk mencapainya tidak cukup hanya sekedar ide unik, namun yang dibutuhkan adalah ide hebat.

Sumber : Marketing/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami