5 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Lebih Kuat

Solusi Sehat / 15 January 2014

Kalangan Sendiri

5 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Lebih Kuat

Budhi Marpaung Official Writer
31654

Dua minggu terakhir, Jakarta selalu dilanda hujan dengan intensitas sedang-besar. Perubahan cuaca yang ekstrim ini tentu berpotensi membuat warga ibukota jatuh sakit. Untuk mengantisipasi serangan-serangan virus atau bakteri penyakit maka langkah tepat yang patut diambil adalah dengan menjaga daya tubuh lebih kuat.

Berikut adalah 5 cara terbaik menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh Anda secara alami.

1. Diet

Memiliki berat badan yang berlebihan berpotensi membuat tubuh mudah terserah berbagai penyakit. Oleh sebab itu, Anda yang berada di kondisi ini perlu melakukan diet.

Adapun diet yang dianjurkan disini adalah mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran, mengonsumsi lemak sehat yang dapat ditemukan di dalam ikan, minyak canola, minyak zaitun, biji rami, lalu mengonsumsi protein, dan meminum air yang cukup.

Kesemua asupan yang disebutkan di paragraph sebelumnya memberi kontribusi di dalam memperbaiki maupun meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

2. Olahraga

Berlatih secara teratur dapat memobilisasi sel T, sejenis sel darah putih yang dikenal untuk menjaga tubuh terhadap infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa orang-orang yang berolahraga dengan intensitas sedang (seperti jalan cepat) secara rutin menurunkan risiko serangan penyakit flu sebesar 50%.

3. Mengendalikan Stres

Stres dengan tingkat kronis memiliki dampak negatif pada kekebalan tubuh. Jika terus dialami Anda pada jangka waktu panjang maka hal ini dapat menurunkan daya tahan tubuh dan meningkatkan kerentanan Anda terhadap penyakit.

4. Kebersihan Diri dan Tidur Cukup

Menjaga tangan Anda tetap bersih adalah salah satu cara terbaik untuk menangkal penyakit, menurut Centers for Disease Control and Prevention. Pastikan untuk mencuci tangan Anda dengan air bersih dan sabun sebelum menyiapkan makanan atau makan dan setelah batuk, bersin, menggunakan kamar mandi dan fasilitas umum.

Kebiasaan sehat lain yang penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah penyakit adalah tidur yang cukup selama 8 jam setiap hari, yang dapat membantu mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh Anda.

5. Herbal dan Suplemen

Dunia medis sekarang sudah dapat menerima pengobatan tradisional termasuk pengobatan herbal. Bahkan sejumlah obat yang diracik dengan bahan-bahan alami ini diyakini mampu mencegah bahkan mengatasi sejumlah penyakit.  

Tanaman herbal seperti astragalus, echinacea, dan elderberry serta bawang putih dan jahe terbukti mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Oleh sebab itu, bagi yang tidak ingin terserang penyakit mengonsumsi obat-obatan ini sangatlah dianjurkan.

Selain itu, Anda bisa juga menjaga daya tubuh Anda menggunakan suplemen seperti suplemen multivitamin dan mineral.

Bagaimana mudah bukan menjaga dan meningkatkan daya tubuh? Jangan tunggu Anda terbaring sakit dahulu baru melakukannya karena selalu lebih baik mencegah daripada mengobati. Selamat mempraktikannya!


Baca juga : 

BNPB: Modifikasi Cuaca Takkan Rusak Lingkungan

Doa yang Terjawab

Kaleidoskop 2013 : 12 Aksi Nyata Jokowi-Ahok Benahi Jakarta (1)

Radja Nainggolan Jadi Rebutan Tim-Tim Papan Atas Italia

Join IMAGO Festival 2014

Cara Tepat Mendeteksi dan Mencegah Penyakit Kusta

3 Manfaat Kumpul Bersama Keluarga

Sumber : duniafitness.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami