Gereja Nazi Jerman Picu Kontroversi
Sumber: Garnisonkirche-potsdam.org

Internasional / 19 September 2014

Kalangan Sendiri

Gereja Nazi Jerman Picu Kontroversi

Lori Official Writer
3899

Gereja Garrison atau Garnisonkirche yang berkaitan dengan kelompok nazi memicu kontroversi bagi penduduk kota Postdam, kota dimana gereja itu berdiri. Pasalnya, gereja yang berkaitan dengan Adolf Hitler ini rencananya bakal direkonstruksi oleh pemerintah.

Namun rencana itu mengundang kemarahan penduduk lantaran menilai gereja sebagai peninggalan kejahatan masa lalu. “Kami tak menghendaki gereja Nazi di Postdam dan kami tak ingin  kota ini menjadi Disneyland Prusia,” ujar juru bicara kampanye anti-gereja, Simon Wohlfahrt, seperti dilansir Independent.co.uk.

Sementara yang lain menilai bahwa gereja itu sebagai simbol kejahatan kelompok nazi di masa lalu. Alasan itu pula yang menyebabkan penghancuran menara gereja oleh pemerintah Jerman Timur pada tahun 1968 silam. Mereka berdalih bahwa tak boleh ada sisa simbol nazi dan kebencian terhadap militerisme Prusia di sana.

Berdasarkan sejarahnya, Gereja Garrison menjadi saksi bisu saat Adolf Hitler sebagai bagian dari elite politik Jerman. Di gereja ini pula Hitler pernah menyalami Presiden Paul von Hindenburg. Sejak itulah dirinya mulai berkuasa penuh dalam pemerintahan Jerman.

Gereja hasil rancangan arsitek Philip Garlach pada tahun 1720 ini, kata Walikota Postdam, Jann Jakobs, sangat berkaitan dengan sejarah Jerman.

“Ini adalah salah satu gereja Barok terbaik di Jerman Utara dan membentuk citra kota. Gereja ini mencerminkan seluruh kontradiksi alami dari sejarah Jerman seperti sebuah cermin,” katanya.

Sejak penghancuran menara gereja pada tahun 1968, pondasi gereja dan market kayu gereja yang dibuat untuk Kaisar Prusia Friedrich Wilhem I pada tahun 1735 ini masih dalam kondisi utuh.

Sumber : Independent.co.uk/Inilah.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami