Orang Tua Model Terbaik Anak

Kata Alkitab / 8 September 2014

Kalangan Sendiri

Orang Tua Model Terbaik Anak

Lori Official Writer
4678

Tahun 2000-an ini anak-anak sudah akrab dengan apa yang disebut dengan dunia maya (internet). Saat ini, anak-anak bisa duduk berjam-jam di depan komputer, baik main game, chatting, dan sebagainya. Banyak anak yang saking kecanduan bermain komputer jadi lupa segalanya, bahkan ada yang sekolahnya berantakan. Untuk mengatasi hal itu, tak ada solusi yang lebih baik selain orang tua harus menyediakan waktu lebih banyak bagi anak untuk mengajarkan anak cara penggunaan internet yang baik dan benar.

Sementara perkembangan media yang melonjak naik ini harus disadari tak akan dapat diatasi oleh gereja saja. Oleh karena itu, orang tua sebagai pribadi terdekat pada anak adalah model terbaik anak dalam segala hal sepanjang pertumbuhannya. Serupa seperti perintah Tuhan terhadap orang-orang Israel agar mengajarkan kepada anak-anak Israel tentang ketetapan Allah dan perintahNya (baca [kitab]Ulan6: 1-9[/kitab]).

Karena itu orang tua harus memerhatikan bagaimana orang Israel diperlengkapi waktu memasuki Tanah Kanaan. Tugas orang tua dalam hal ini adalah menyiapkan anak-anak memasuki masa depan yang baik. Model teladan dalam setiap perkataan orang tua akan membuat anak mengagumi orang tua. Serupa halnya bahwa anak tidak akan kagum dengan kekristenan jika perilaku kekeristenan orang tua melenceng dari nilai-nilai kekristenan.  

Selain itu, Tuhan meminta agar  orang tua dapat memberi anak-anak masa depan yang baik, tak sekedar memasukkan mereka ke sekolah yang bagus, tetapi akan jauh lebih penting bila orang tua menjadi guru bagi anak-anaknya di kehidupan sehari-hari.

Dalam firman-Nya, Tuhan juga memberi perintah agar orang tua terus mengucapkan ‘Shema’, dalam bahasa Ibrani berarti ‘Dengarkanlah, Akulah Tuhan Allahmu’. Orang tua menjadi model bagaimana menumbuhkan keintiman antara anak dengan Tuhan. Tak hanya sekedar mengatakan atau memerintah, namun ambil bagian dalam melakukannya.

Bila Tuhan memerintahkan bangsa Israel agar tetap setia kepada Tuhan. Artinya bahwa membangun keintiman dengan Tuhan lewat ibadah adalah prioritas utama. Bukan hanya sekedar sebagai keluarga Kristen yang rajin beribadah namun tak memberi buah dalam keluarga. Anak-anak tentunya akan sulit mencintai Tuhan dengan benar bila perilaku orang tua tak mencerminkan kasih Kristus.

Mulailah menjadi orang tua yang menjadi model bagi anak lewat teladan hidup yang benar dan mencerminkan kasih Kristus di dalamnya. Berjuang menjadi orang tua yang menjadi model bagi anak, para orang tua dapat mengikuti talkshow bertemakan keluarga One Day With Family. Acara ini diadakan pada Minggu, 21 September 2014 di Main Atrium CITOS, Jakarta. Acara ini akan menghadirkan psikolog Elisabeth T. Santosa, M.Psi, yang sudah berpengalaman di bidang anak dan keluarga. Untuk informasi pendaftaran silahkan hubungi 021.8990.5566 ext 337 atau sms ke 0852-1533-5887.    


Baca Juga Artikel Lainnya:

Pulang Kerja Teng-Go? Nikmati 5 Manfaatnya

One Day With Family Off Air 21 September 2014, Citos Jakarta Selatan

Jurus Jitu Merekatkan Hubungan Dengan Anak, Ikuti Event Ini!

Tips dan Trik Mengajari Anak Meminta Maaf

'Writing & Photo Contest' Jawaban.com, Ajak Keluarga Berbagi Cerita


Sumber : Reformata.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami