5 Alasan Kenapa Apel Termasuk Menu Sarapan Sehat

5 Alasan Kenapa Apel Termasuk Menu Sarapan Sehat

Theresia Karo Karo Official Writer
5375

Sarapan adalah aktifitas wajib yang harus dilakukan sebelum memulai aktifitas. Karena nutrisi makanan penting untuk beraktivitas seharian. Tetapi tidak semua orang memiliki waktu yang cukup untuk menyiapkan sarapan. Untuk itu, bagi anda yang kesulitan menyediakan waktu untuk sarapan, beralihlah ke konsumsi apel setiap paginya.

Selain praktis, buah yang didominasi warna merah dan hijau ini ternyata menyehatkan. Cukup dengan buah apel, anda dapat memulai aktifitas padat sehari-hari tanpa khawatir perut kosong. Menurut berbagai sumber, berikut alasan yang menyebabkan apel sebagai menu sarapan yang sehat:

Kenyang Lebih Lama

Salah satu buah yang menjadi sumber serat dan digunakan sebagai antioksidan adalah buah apel. Bahkan beberapa jenis serat yang dikandungnya dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan fruktosa atau pemanis alami yang ada di buah apel cukup tinggi. Fruktosa merupakan jenis gula yang dicerna secara lambat, hal ini juga yang menyebabkan perasaan kenyang yang lebih lama.

Sumber Vitamin C

Peran vitamin C adalah membantu melawan radikal bebas. Selain itu khasiatnya adalah mampu menghindarkan anda dari penyakit kronis. Hal ini karena kandungan pektin di dalam apel mampu melawan kanker, mengurangi stres dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Penelitian di Hawaii turut mengungkapkan bahwa konsumsi apel secara teratur dapat menurunkan risiko terkena kanker paru-paru sebesar 40-50 persen.

Jangan Buang Kulit Apel

Biasakan memakan apel bersamaan dengan kulitnya. Kulit apel ternyata kaya akan quercetin yang berperan membantu mengontrol gula darah dan mengatasi diabetes tipe II.

Tingkatkan Kemampuan Bertahan Hidup

Penelitian American Chemical Society tahun 2011 mengungkapkan bahwa apel dapat memperpanjang usia hingga 10 persen pada hewan. Selain memperpanjang usia, apel juga dapat meningkatkan kemampuan motorik. Meskipun penelitian ini dicobakan pada hewan, peneliti menjelaskan bahwa hal ini juga dapat berlaku pada manusia.

Meningkatkan Kemampuan Mengingat Otak

Penelitian University of Massachusetts Lowell mengungkapkan, bahwa dengan konsumsi apel bisa meningkatkan produksi senyawa kimia yang menjadi penghubung antar sel otak yang disebut dengan acetylcholine. Ini adalah hormon yang memiliki banyak fungsi, termasuk membentuk struktur baru yang kemudian membantu otak sehingga lebih mudah mengingat. Pada penelitian terbaru, zat ini juga ternyata mampu mencegah penurunan kemampuan mental pada lansia dan mencegah kepikunan dini.

 

Baca Juga:

"For KING and COUNTRY" Temukan Iman dalam Pertempuran

Bantu Anak Mengatasi Ketakutannya

5 Faktor Penting Memilih Lokasi Usaha

iCloud Diretas, Emma Watson Geram

Kombinasi Terbaik Untuk Tingkatkan Kinerja Otak

 

Sumber : Keponews/Merdeka.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami