Pendidikan Untuk Anak (Pendidikan Rohani)
Sumber: moderniskola.hu

Pelayanan Anak / 30 August 2014

Kalangan Sendiri

Pendidikan Untuk Anak (Pendidikan Rohani)

Hevi Teri Official Writer
1487

 

 Alkitab berkata bahwa “Takut akan Tuhan itulah hikmat.”  Jadi, hikmat atau pengetahuan yang utama yang harus dikenalkan kepada anak-anak adalah pengenalan akan Tuhan.  Anak-anak harus diberikan dasar-dasar iman sejak dari kecil agar mereka tidak melenceng dari firman Tuhan sehingga kehidupan mereka senantiasa berbahagia serta diberkati.  

Orangtua menjadi pihak yang sangat penting peranannya dalam hal ini.  Setiap hari ajaklah anak untuk berdoa ketika bangun pagi, saat mau tidur, makan atau hendak bepergian. Begitu pula bila ada hal-hal khusus, seperti ulang tahun, atau ada yang sakit, atau ada kebutuhan tertentu, ajaklah anak untuk bersama-sama mendoakan hal tersebut.  Dengan cara demikian, sebenarnya anak sedang dididik untuk selalu bergantung kepada Tuhan serta mengandalkan Tuhan dalam segala sesuatu.  Ini merupakan perkara rohani yang penting.

Hal berikutnya yang dapat dilakukan adalah dengan menceritakan kisah-kisah dalam Alkitab dan ajaran tentang keselamatan serta kehidupan kekal di dalam Tuhan Yesus Kristus.  Orangtua bisa membacakan beberapa ayat dalam satu perikop atau memvariasikannya dengan kupasan atau ulasan singkat setelah membaca ayat Alkitab.
Ajarlah anak untuk setia beribadah di gereja dan dorong serta motivasi anak untuk mengikuti kegiatan sekolah minggu dengan setia. Berikan teladan dalam berkata-kata yang sopan serta berperilaku yang baik sebab anak akan mencontoh sikap dan tindakan orang tua lebih daripada perkataannya.  Teladan orangtua yang baik lebih diingat daripada perkataan.

Ajak anak untuk bersimpati dan berempati kepada sesama dengan cara mengajak anak berkunjung kepada orang-orang yang miskin dan membutuhkan, berikan bantuan dan beri kesempatan kepada anak untuk melakukannya, agar muncul jiwa yang berbelas kasihan kepada sesama.
Ajarlah anak untuk menghafalkan satu atau dua ayat bersama-sama dan ujilah hafalan tersebut bersama dengan orangtua.

“Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.”
(Amsal 22:6)

 

 

by. Billy Tambahani (Suara Injil Ministry)


Sumber : google
Halaman :
1

Ikuti Kami