Berisiko Leukimia, Ibu Hamil Dilarang Minum Kopi
Sumber: Google

Info Sehat / 22 August 2014

Kalangan Sendiri

Berisiko Leukimia, Ibu Hamil Dilarang Minum Kopi

Lori Official Writer
4715

Ngopi merupakan salah satu ritual yang mungkin tak dapat terlepas dari keseharian para penikmat kopi. Secangkir kopi di pagi dan sore hari berkhasiat untuk meningkatkan semangat beraktivitas kembali, hal ini ditimbulkan oleh kandungan antioksidan dan kafeinnya.

Namun sebuah studi yang diterbitkan di American Journal of Obstetrics and Gynaecology menemukan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi kopi lebih dari dua gelas sehari selama kehamilan, 60 persen mengalami risiko serangan leukemia atau kanker darah pada bayinya. Sementara, ibu hamil yang mengkomsumsi secangkir kopi dalam sehari berisiko 20 persen memiliki anak dengan ancaman leukemia.

Para ilmuwan menemukan bahwa kandungan kafein dalam kopi dapat merubah DNA (Deozyribo Nucleic Acid) dalam sel-sel janin menjadi lebih rentan terhadap perkembangan tumor. Selain itu, kandungan kafeinnya akan memperparah morning sickness karena kopi meningkatkan detak jantung dan merangsang sekresi asam lambung.

Hasil studi ini dijadikan sebagai tolak ukur dari peningkatan kasus leukemia pada anak yang ditemukan di Amerika Serikat. Sekitar 500 anak didiagnosa terkena penyakit mematikan ini dan yang mampu selamat mencapai 80 persen.

Kendati begitu, belum ada kepastian dari temuan studi ini agar ibu hamil benar-benar mematuhi aturan tepat dan sehat mengkonsumsi kopi. Sebab selain kopi, minuman lain  juga ditemukan mengandung kadar kafein seperti teh, minuman bersoda, minuman energi hingga cokelat. Akan jauh lebih aman jika ibu hamil mengetahui kandungan kafein yang dapat dikonsumsinya dari berbagai asupan makanan selain kopi.

Bagi Anda ibu hamil penikmat kopi, informasi ini dapat Anda check kembali kepada tim medis atau dokter kandungan yang Anda sudah percayai guna mencegah efek samping yang berdampak pada janin anak.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Membuat Melodi

Kelainan Langka Buat Bocah India Ini Miliki Tangan Raksasa

Tips Menyeduh Kopi yang Sehat

4 Manfaat Kopi Bagi Suasana Hati yang Kerap Diabaikan

Paus Fransiskus Berduka Atas Kebrutalan ISIS di Irak

Sumber : Kompas.com/Detik.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami