Sederet Artis Hollywood Ini Didiagnosa Alami Bipolar

Sederet Artis Hollywood Ini Didiagnosa Alami Bipolar

Lori Official Writer
8766

Berdasarkan pengertiannya sesuai dengan definisi yang dikutip dari wikipedia, bipolar disorder adalah gangguan psikologi yang ditandai dengan perubahan mood (perasaan) yang sangat ekstrem, berupa perasaan depresi dan mania (senang). Kasus penderita gangguan ini banyak sekali terjadi, seperti halnya di Amerika dimana sekitar 5.7 juta orang dewasa, menurut National Institute of Mental Health, ditemukan mengalami gangguan ini, termasuk dikalangan selebriti Hollywood.

 

Kasus bipolar ini bahkan menjadi topik pembahasan terkait meninggalnya aktor dan komedian Robin Williams yang diduga sebagai penderita bipolar disorder. Jauh sebelumnya, penyanyi Britney Spears pun dikabarkan mengalami hal serupa lantaran perilakunya yang berubah secara drastis. Sehingga perilaku tak menentu ini dikaitkan rentan dialami oleh para pelaku dunia hiburan.

 

Berikut sederet nama selebriti Hollywood yang didiagnosa mengalami bipolar disorder.

 

Chaterine Zeta-Jones

 

Pemenang Academic Award 1998 ini didiagnosa sebagai penderita gangguan bipolar tipe II, yang ditandai dengan mood swing dan stres berkepanjangan pada April 2011 silam. Pemain utama wanita ‘The Mask of Zorro’ ini pun memilih mendapat perawatan berupa terapi khusus bipolar. Ia pun mengusung misi bahwa para penderita bipolar dapat mengontrol perubahan tindakan ini. “Aku harap bisa menghilangkan stigma buruk tentang bipolar. Aku harap orang lain yang mengalami hal yang sama tahu bahwa hal ini sangat bisa dikontrol,” kata Chaterine.

 

Jean Claude Van Damme

 

Kickboxer Belgia, Jean Claude Van Damme sadalah aktor yang sudah membintangi berbagai film aksi, termasuk Bloodsport, Sudden Death dan Universal Soldier. Sayangnya, perjalanan kehidupannya tidak semulus perjalanan karirnya. Ia adalah pemakai kokain dan free seks serta empat kali bercerai. Kondisinya semakin buruk setelah Van Damme didiagnosa mengalami bipolar.

 

Demi Lovato

 

Demi Lovato menyadari betul bahwa dirinya mengalami gangguan bipolar dengan tanda-tanda perilakunya yang manik. Selain itu, penyanyi muda ini juga didiagnosa dengan anoreksia dan bulimia. “Itu masuk akal. Ada saat-saat ketika aku begitu maniak, aku menulis tujuh lagu dalam satu malam dan tidak tidur hingga pukul 05.30 pagi harinya,” jelas Demi.

 

Setelah menjalani perawatan dari Dokter khusus di rumahnya di Los Angeles, Demi mengaku sudah merasa mampu mengendalikan diri hingga saat ini.

 

Jim Carrey

 

Setelah perceraiannya dengan Jenny McCarthy pada tahun 2010 silam, Carrey menjadi pribadi yang suka menghabiskan waktu untuk memposting setiap ciutannya di Twitter hingga pukul 4 pagi. Ia mengaku bahwa perilaku itu adalah dampak buruk dari gangguan bipolar yang dideritanya. Ia mengalami depresi dan mengisap obat-obatan terlarang untuk mengurangi depresinya. Tetapi masa-masa berat itu diakuinya sudah berlalu dan memilih untuk menjalani pemulihan dengan iman hingga hari ini.

 

Robin Williams

 

Komedian dan aktor, Robin Williams yang ditemukan meninggal di rumahnya pada Senin (11/8) lalu, bahkan diduga sebagai salah satu kasus resiko dari gangguan bipolar. Ia dikabarkan adalah pengidap depresi berat dan disertai dengan kecanduan alkohol dan obat-obatan.

 

Risiko terbesar dari gangguan bipolar adalah timbulnya dorongan keinginan bunuh diri akibat tekanan depresi yang berkepanjangan. Sehingga penderita sangat disarankan untuk mampu mengontrol perubahan perilaku itu dengan menjalani proses pengobatan secara rutin.


Baca Juga Artikel Lainnya:

3 Fakta Terjadinya Asfiksia Pada Bayi

6 Tips Mengontrol Gangguan Bipolar

4 Kondisi Seks yang Berdampak Bagi Kehidupan

13 Tanda Dia Ingin Anda Jadi Teman Hidupnya (2)

Ahok Kritisi Penerapan Sekolah 6 Hari di Kurikulum 2013

Sumber : Health.com/Commdiginews.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami