6 Tips Mengontrol Gangguan Bipolar

6 Tips Mengontrol Gangguan Bipolar

Lori Official Writer
5561

Artis muda Marshanda dan mendiang Robin Williams adalah sosok yang diduga menderita gangguan bipolar disorder atau gangguan mood atau perasaan yang berubah-ubah dalam periode waktu tertentu. Dari segi medis, bipolar disorder dibagi menjadi dua tipe yang saling berlawanan, yaitu Bipolar Depresi (akibat kesedihan dan kehilangan)  dan Bipolar Manic (perasaan bahagia/senang). Suatu ketika penderita bisa mengalami depresi sehingga menjadi murung, diam atau menarik diri dari lingkungan. Sementara di lain waktu, mengalami semangat yang menggebu dalam beraktivitas, tak kenal lelah dan sanggup tak tidur berhari-hari.

 

Jenis penyakit ini memang sangat berbahaya bagi penderita, sebab berdampak pada gangguan hubungan dengan orang lain hingga pada kematian. Meski begitu penyakit ini bisa saja dikontrol dengan melakukan 6 tips di bawah ini.

 

1. Terlibat dalam mengatasi penyakit bipolar

 

Penderita Bipolar dianjurkan berpartisipasi aktif untuk mengetahui lebih banyak tentang bipolar disorder. Lalu konsultasikan penyakit yang bersama dengan dokter dan minta untuk menjalani terapi atau mengkonsumsi obat antidepresan sesuai dengan anjuran dokter. Setidaknya obat itu mampu menstabilkan perasaan.

 

2. Monitoring gejala dan mood

 

Penderita dianjurkan untuk terus memonitor gejala Bipolar dan perubahan mood yang dialaminya. Jika tanda-tanda itu telah dirasakan, maka penderita disarankan dapat menghindarkan diri dari kondisi tersebut. Buat daftar list dari perasaan-perasaan yang mengundang kambuhnya penyakit Anda seperti perasaan sedih, stres, kesulitan keuangan, pertengkaran, persoalan dengan lingkungan atau kurang tidur.

 

3. Mencari dukungan

 

Penderita Bipolar sepatutnya mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekat baik orang tua, saudara atau teman-teman. Tak terkecuali pula dengan dokter yang telah dipercayakan menangani penderita. Para psikolog, pekerja sosial hingga penasihat juga dapat menjadi sumber dukungan bagi penderita bipolar. Hindarkan tindakan mengisolasi dan menutup  diri dari lingkungan sosial, sebaliknya coba membangun relasi baru dengan orang-orang di sekitar Anda.

 

4. Catat kegiatan sehari-hari

 

Mencatat kegiatan sehari-hari akan mendorong pengenalan diri yang lebih baik berdasarkan aktivitas yang dilakukan. Hal ini juga sangat penting agar pengobatan bipolar dapat dilakukan secara maksimal. Cobalah kalender atau buku catatan ukuran saku untuk mencatat kegiatan sehari-hari.

 

5. Belajar meminimalisir serangan stres

 

 Stres dapat memicu gangguan manic dan depresi bagi penderita bipolar disorder. Sehingga, penderiat dianjurkan untuk dapat belajar lebih banyak tentang bagaimana bersikap rileks, menikmati masa-masa luang dan meningkatkan rasa santai dan nyaman dalam diri (seperti mendengar musik, menikmati kebun atau memanjakan diri).

 

6. Atur pola makan sehat

 

Makanan yang dikonsumsi oleh tubuh juga sangat berpengaruh pada perubahan suasana hati atau mood. Seperti coklat yang diteliti dapat menenangkan hati dan mengusir perasaan sedih. Dalam hal ini, penderita Bipolar dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya protein dan omega-3. Sebaliknya, penderita dianjurkan untuk menghindari diri dari minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang yang memicu kambuhnya penyakit.


Baca Juga Artikel Lainnya:

13 Tanda Dia Ingin Anda Jadi Teman Hidupnya (2)

13 Tanda Dia Ingin Anda Jadi Teman Hidupnya (1)

 

 

5 Cara Agar Merdeka Tuntaskan Deadline Kerja

 

#RIPRobinWilliams, Mengenang Lima Film Paling Populernya

 

5 Minuman Sehat yang Ampuh Ringankan Stres

 

Pemimpin Agama Sebut Penganiayaan Kristen Irak Serupa Tindakan Genosida

Sumber : Helpguide.org/Artikelkesehatan99.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami