Stress Saat Hamil Rentan Alami Kelahiran Prematur
Sumber: sihinjiko-healtylife.blogspot.com

Info Sehat / 8 August 2014

Kalangan Sendiri

Stress Saat Hamil Rentan Alami Kelahiran Prematur

Lori Official Writer
4826

Ternyata ada alasan mengapa wanita hamil dilarang mengalami stres berlebihan. Seperti hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan, menyatakan bahwa wanita hamil yang mengalami stres akan berisiko menjadi penyebab bayi lahir prematur.

 

Hal ini didasarkan pada hasil penelitian yang terbit dalam American Journal of Obsetrics & Genecology yang dilakukan kepada 14 ribu wanita hamil selama 2001-2003. Hasilnya, sebanyak 14 persen dari wanita hamil yang mengalami stres melahirkan lebih awal.

 

“Pada ibu hamil yang stres tinggi, mereka akan menghadapi risiko kelahiran prematur empat kali lipat lebih tinggi ketimbang ibu hamil yang tidak stres. Stres berlebihan ini tentu sangat membahayakan kondisi ibu dan janinnya,” jelas Anna Surti Ariani, psikolog anak dan keluarga.

 

Selain berdampak pada kelahiran prematur, stres berlebih juga sangat berisiko pada keguguran dan kerusakan pada otak janin. Hal ini bisa terjadi bila produksi hormon kortisol pada ibu hamil berlebih. Sehingga akan menembus plasenta dan menganggu perkembangan otak janin.

 

Berdasarkan penelitian, wanita hamil yang mengalami stres di triwulan pertama kehamilan akan sangat berisiko mengalami keguguran. Sementara tingkat stres yang terjadi di trismester kedua dan ketiga akan berisiko terjadinya kelahiran prematur.

 


Baca Juga Artikel Lainnya:

Wanita Gampang Marah di Pagi Hari?

 

5 Makanan Ini Penuhi Harapan Tubuh Super Sehat

 

Angelique Widjaja, Bayar Harga Demi Raih Prestasi di Bidang Tenis

 

Miliki 6 Hal Ini Pertanda Anda Sudah Siap Pacaran

 

Lahirnya Generasi Berbagi

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami