5 Tips Tangkal Kecanduan Makan

5 Tips Tangkal Kecanduan Makan

Lori Official Writer
3020

Kecanduan makanan mungkin menjadi kendala bagi sebagian orang yang menghendaki postur tubuh yang ideal. Kendati beragam cara telah dilakukan, namun tampaknya usaha untuk mengontrol diri dari keinginan mengunyah tetap saja sulit dicengah.

 

Untuk diketahui, kecanduan makan biasanya diakibatkan oleh beragam faktor, seperti stres, putus asa atau gangguan mental lainnya. Bagi Anda yang tengah menghadapi persoalan ini, tak usah khawatir beberapa hal sederhana ini sangat efektif untuk menyingkirkan masalah yang Anda hadapi ini.

 

Makan dengan porsi sedikit

 

Makan dengan porsi besar adalah salah satu dampak dari kurangnya kontrol saat makan. Anda perlu melatih diri untuk makan dengan porsi yang lebih sedikit di piring Anda. Dengan menetapkan porsi yang lebih sedikit dengan teratur dalam beberapa bulan, setidaknya kecanduan makan Anda akan berkurang sedikit demi sedikit.

 

Mencegah kadar gula tinggi

 

Kadar gula dalam tubuh adalah kelemahan bagi banyak orang, sehingga menjadi salah satu alasan untuk menghindari diri dari kecanduan makan, khususnya makanan berlemak dan mengandung gula seperti cokelat, daging, mie dan kue. Ada baiknya bila Anda mengkonsumsi makanan seperti sayur mayor dan buah-buahan.

 

Atur waktu makan

 

Menjadi kebiasaan bagi kita bahwa lapar menjadi alasan untuk lebih banyak makan. Kebiasaan inilah yang membuat Anda kecanduan makanan. Nah, Anda perlu tegas dengan diri Anda sendiri dengan mengatur waktu/jam makan dan menahan diri dari godaan makan di luar dari jam yang ditentukan.

 

Makan sebagai sumber energi

 

Anda hanya perlu menjaga keseimbangan antara makan dengan bekerja. Ini adalah tips mudah dan sederhana yang dapat menangkal Anda dari kecanduan makan. Hal yang hanya perlu Anda butuhkan adalah dedikasi dan ketekunan untuk bekerja.

 

Hindari stres

 

Bagi sebagian besar orang yang mengalami stres akan cenderung meningkatkan nafsu makan. Jadi salah satu cara terbaik untuk mengontrol kecanduan makan Anda adalah dengan menghindari diri dari stres. Sembuhkan stres Anda dengan dengan olahraga atau mendapatkan terapi. Bergabung dengan orang-orang yang mengalami hal serupa juga dapat membantu Anda untuk menghindar dari kecanduan makan.

 

Sebuah penelitian oleh Harvard Medical Scholl, Amerika Serikat menyatakan bahwa kecanduan makan ternyata sama berbahayanya dengan kecanduan narkoba. Bila pecandu makanan biasanya mengkonsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan seperti sukrosa, maka seseorang itu akan terus menerus mengidam makanan meski tidak merasa lapar. Hal itu tentunya akan memicu timbulnya penyakit kolesterol, berat badan bertambah, obesitas hingga kerusakan otak.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Wanita Gampang Marah di Pagi Hari?

5 Makanan Ini Penuhi Harapan Tubuh Super Sehat

 

Angelique Widjaja, Bayar Harga Demi Raih Prestasi di Bidang Tenis

 

Miliki 6 Hal Ini Pertanda Anda Sudah Siap Pacaran

Lahirnya Generasi Berbagi

 

 

 


Sumber : Boldsky.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami