Ini Gejala Psikis Penyebab Masalah Lambung

Ini Gejala Psikis Penyebab Masalah Lambung

Lois Official Writer
36375

Banyak yang menyebut maag atau penyakit lambung yang diderita seseorang adalah karena persoalan makan yang tidak teratur saja. Namun, disadari atau tidak, psikis pun menjadi salah satu penyebabnya karena dapat mendongrak timbulya maag dan tukak lambung yang akut.

Penyebab Psikis

Selain makan tidak teratur, penyebab psikis juga menyebabkan penyakit maag. Kehidupan yang keras, tuntutan pekerjaan, bertemu orang-orang yang menjengkelkan, kejadian yang memancing emosi, merupakan gejala psikis yang dapat membuat maag dan tukak lambung menderita. Kehidupan yang tidak teratur, tertekan dan selalu berada dalam kekuatiran biasanya juga berimbas pada saluran pencernaan. Gejala gangguan saluran pencernaan seperti alergi makanan, muntah, diare, konstipasi, kolik, nyeri perut, sariawan, dan sebagainya.

Ketika seseorang memendam perasaan marah dan permusuhan, maka tekanan akan meningkat tajam. Selain penyakit lambung, si pendendam juga meningkatkan resiko serangan jantung, kanker, tekanan darah tinggi dan stroke pada dirinya. Begitu juga jika dia mengalami kekecewaan.

Stres membuat hormone adrenalin akan meningkatkan produksi sehingga produksi asam oleh reseptor asetikolin meningkat pula. Efeknya asam lambung pun meningkat.

Ciri-ciri Penyakit Maag

Saat makan, perasaan negatif akan merangsang sistem syaraf simpatik sehingga mengakibatkan berkurangnya pengeluaran enzim pankreas. Hal ini membuat si penderita kesulitan mencerna makanan.

Timbul rasa mual, perih, tidak mau makan. Penyakit ini banyak ditemui pada orang yang sibuk.

Akibatnya

Terganggunya kesehatan fisik dan psikologis seseorang seperti kadar asam lambung meningkat sehingga memberi efek ketegangan yang berujung sakit pada tukak lambung.

Jika makanan susah dicerna, maka hal  ini menyebabkan perut kembung, adanya gas, sakit ulu hati, dan masalah pencernaan lainnya.

Stres berlebihan menyebabkan tingkat kortisol meningkat sehingga menekan sistem kekebalan tubuh kita. Ketika kekebalan kita tertekan, sel kanker mulai terbentuk dan berkembang.

Karena lambung salah satu organ tubuh penting yang juga dapat dipengaruhi dan mempengaruhi keseimbangan tubuh dan psikologi kita, maka lambung sangat perlu diperhatikan.

 

Baca juga :

Gadis Keterbelakangan Mental Rawat Ayah Lumpuh

Setiap Langkah yang Berarti

Kontes Foto dan Artikel, Gabung Di Sini

Transformers Age of Extinction, Akan Punahkah?

Cara Atur Kill Switch di iPhone Agar Terhindar Pencurian

Sumber : ahlinyalambung.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami