Kisah Tentang Lokalisasi Dolly di Surabaya
Sumber: ilustrasi

Nasional / 18 June 2014

Kalangan Sendiri

Kisah Tentang Lokalisasi Dolly di Surabaya

Lois Official Writer
8697

Lokalisasi terbesar se-Asia Tenggara yang ditutup pada Rabu (18/6/2014) itu menyimpan banyak cerita. Lokalisasi Dolly yang terletak di Surabaya, Jawa Timur ini memang menuai pro-kontra. Ditutup pada usianya ke-47, rumah pelacuran pertama didirikan tahun 1967 lalu. Lantas bagaimana kisahnya?

Sebelum kompleks lokalisasi didirikan, kompleks di Kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan, Surabaya itu merupakan makam Cina. Para pendatang menyerbu daerah tersebut setelah pemerintah daerah yang berwenang saat itu menyatakan makam tertutup bagi jenazah baru, sedangkan jenazah lama harus dipindahkan ke tempat lain oleh ahli warisnya pada tahun 1966.

Pada tahun 1967, muncul seorang wanita bernama Dolly Khavit di kawasan itu. Dolly yang berprofesi sebagai pelacur itu juga menikah dengan pelaut Belanda dan dikenal pula dengan nama Dolly van der Mart atau Tante Dolly. Maka, dia mendirikan rumah pelacuran pertama di Jalan Kupang Gunung Timur 1. Dia memiliki empat wisma pelacuran, dimana tiga di antaranya disewakan pada orang lain.

Semula Dolly hanya menyediakan sejumlah pekerja seks komersial (PSK) untuk para tentara Belanda. Namun lambat laun, warga pribumi pun mulai memanfaatkan jasa tersebut. Pada tahun 1969, puluhan wisma bermunculan hingga ke Jalan Jarak, Pasar Kembang. Lokasi ini hanya berjarak 1,5 kilometer dari pusat kota sehingga sangat menguntungkan.

Namun, kini lokalisasi Dolly telah ditutup. Rumah dan wisma yang sebelumnya jadi lokasi prostitusi akan dibeli oleh Pemerintah Kota Surabaya. Ke depannya, lokasi ini akan dijadikan taman, sentra pedagang kaki lima, perpustakaan, masjid, gereja, lapangan futsal, dan tempat bermain.

Sementara itu, para PSK yang sebelumnya bekerja di Dolly akan dibekali keterampilan agar bisa mencari nafkah di sektor lain. Walikota Surabaya Tri Rismaharini juga menjanjikan pesangon bagi mereka.

 

Baca juga :

Pacaran dengan Visi Misi yang Benar

Otak Tiba-Tiba Blank? Atasi dengan Ini

Kalau Jodoh Tak Akan Kemana

Cahaya Dari Timur, Cerita Pesepakbola Asal Maluku

Kontes Foto dan Artikel, Gabung Di Sini

Sumber : viva.co.id by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami